Pengenalan Modul-Modul pada Sistem ERP

Pengenalan Modul-Modul pada Sistem ERP

Setelah membahas mengenai sejarah dan perkembangan ERP serta penggunaan sistem ERP pada artikel sebelumnya, hal penting lainnya yang perlu kita ketahui lagi adalah “Mengapa kita membutuhkan ERP?” dan “Apa saja modul yang terdapat di dalam sistem ERP?” Dua hal ini penting karena Anda perlu mengetahui apakah menggunakan sistem ERP memang diperlukan oleh perusahaan Anda. Dan apabila perusahaan Anda memutuskan untuk menggunakan sistem ERP, perlu diketahui modul-modul yang ada di dalam sistem ERP. Sehingga perusahaan bisa menyesuaikan sistem ERP dengan kebutuhan perusahaan sekarang.

 

_________________________________________________________

Beberapa client telah menggunakan jasa kami di brigetech service ini, anda bisa melihat portofolio kami dengan cara mengklik link ini. Atau dengan mengkontak nomor telfon dibawah ini dan menginfokan kebutuhan software apa saja untuk perusahaan anda.

Dengan senang hati kami akan membuat software sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda.

Telf : (+62 22) 6614726

Email : info@bridgetech.co.id 

_________________________________________________________

Pengenalan Modul-Modul pada Sistem ERP

Kembali ke dua pertanyaan di atas, “Mengapa kita membutuhkan ERP?” dan “Apa saja modul yang terdapat di dalam sistem ERP?”. Kita akan membahas pertanyaan pertama terlebih dahulu, yaitu “Mengapa kita membutuhkan ERP?”.

Ada beberapa faktor mengapa anda membutuhkan perangkat lunak ERP di perusahaan anda, antara lain:

  1. Menabung

Alasan menggunakan ERP disebut menabung adalah karena dengan membeli sistem ERP, anda sedang berinvestasi untuk mengembangkan potensi perusahaan anda. ERP dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan profit dalam berbisnis, maka dari itu anda disebut juga menabung karena hasilnya akan anda terima sebagai profit perusahaan yang semakin meningkat.

  1. Peningkatan Kolaborasi

Fitur aplikasi ERP dapat bervariasi tergantung pada program yang Anda gunakan, tetapi semua sistem ini memungkinkan Anda untuk berbagi dan mengedit data serta untuk meningkatkan keamanan dan akses. Data-data yang tersimpan di dalam sistem otomatis akan bisa terbagi ke beberapa divisi yang membutuhkan data tersebut.

  1. Analisis Lebih Baik

ERP yang tepat dapat mempermudah dan mempercepat bagi tim Anda untuk menghasilkan berbagai laporan, dan ini dapat mencakup semuanya, mulai dari laporan pendapatan dan pengeluaran hingga laporan yang disesuaikan berdasarkan metrik dan tren.

  1. Peningkatan Produktivitas

Fungsi dari suatu sistem ERP adalah menghilangkan pemborosan waktu, yang pada akhirnya dapat memiliki efek positif pada produktivitas, efisiensi, dan profitabilitas organisasi Anda. Pegawai tidak akan kelelahan dengan proses yang sudah diautomatisasi, mereka dapat mengerjakan hal lain.

  1. Pelanggan Lebih Senang

Solusi perangkat lunak ERP yang tepat dapat digunakan dalam berbagai tugas pemasaran, dan ini berkaitan dengan proses yang mencakup perolehan prospek dan akuisisi pelanggan hingga layanan pelanggan tahap akhir dan retensi pelanggan. Dengan proses yang lebih cepat dan hasil yang akurat tentu berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Dan itu menjadi hal yang penting bagi perusahaan karena menguntungkan kedua belah pihak.

  1. Kepatuhan Regulasi yang Disederhanakan

Keberhasilan pelaksanaan proyek ERP Anda dapat membantu Anda mendapatkan dan mempertahankan kepatuhan dengan peningkatan kemampuan untuk mengelola dan mengamankan data dan menghasilkan laporan yang sesuai.

  1. Peningkatan Inventarisasi dan Manajemen Produksi

Sebuah ERP dapat digunakan untuk menyederhanakan tugas mengurangi overages, meningkatkan jadwal produksi dan pengiriman dan banyak lagi.

 

Selain faktor di atas, dengan menggunakan ERP di dalam perusahaan anda akan mendapatkan manfaat lain. Beberapa manfaat tersebut yaitu:

  1. ERP membantu komunikasi di perusahaan Anda lebih baik

Dengan modul yang terintegrasi satu sama lain, karyawan Anda dapat berkomunikasi dengan mudah dan karyawan menjadi lebih produktif. Dengan otomatisasi aksi – aksi yang tidak diperlukan dapat dihilangkan di dalam proses. Tidak perlu lagi berjalan dari satu meja ke meja lain untuk meminta dokumen fisik yang berisiko hilang dan rusak. Dengan ERP, data tersebut sudah tersedia di dalam sistem yang sangat mudah di akses.

 

  1. ERP dapat membantu perusahaan Anda untuk mengelola informasi dengan lebih baik

ERP secara otomatis akan menghasilkan laporan, terutama tentang keuangan dan audit. Juga, ERP akan memberi Anda informasi yang lebih akurat dan proses yang lebih cepat. Human error akan berkurang dengan adanya ERP yang membantu memproses data dan informasi yang diperlukan.

 

  1. Untuk HR, beberapa ERP membantu untuk melacak semua hari libur karyawan

Ada modul di mana karyawan dapat meminta hari libur. Staf Sumber Daya Manusia akan dibantu dengan modul ini. Karena sistem ERP akan memberi tahu mereka ketika pegawai telah mengirimkan permintaan hari libur. Jadi, mereka dapat memeriksa dan menyetujui permintaan tersebut. Dan konfirmasinya akan diberitahukan kepada anggota lain, sehingga mereka dapat mengetahui jika ada perubahan.

 

Semakin bertumbuhnya suatu perusahaan tentu kebutuhan juga akan mengikuti menjadi lebih banyak. Dengan begitu beragamnya kebutuhan perusahaan yang ada, sistem ERP menyediakan banyak modul yang dapat diatur sesuai dengan permintaan dari kebutuhan setiap perusahaan. Sistem ERP menyediakan modul-modul umum yang dapat digunakan oleh perusahaan, berikut beberapa diantaranya:

  1. Manajemen Hubungan Pelanggan

Modul ini adalah salah satu modul yang banyak digunakan dalam bisnis perusahaan. Karena suatu proses penjualan tentunya dibutuhkan peran seorang pelanggan, dan dengan adanya modul untuk mengatur hubungan dengan pelanggan agar terjaga dengan baik, maka modul ini akan sangat dibutuhkan perusahaan.

  1. Supply Chain Management

Modul Supply Chain Management bertanggung jawab untuk memuat data dan laporan mengenai pengecekkan setiap tahap dimulai dari bahan baku hingga ke tahap penjualan akhir.

  1. Akuntansi dan Keuangan

Semua bisnis pasti memerlukan bagian akuntansi. Karena menjadi bagian yang penting, modul ini bertanggung jawab memastikan tidak ada perhitungan yang salah di dalam sistem. Selain itu, modul ini dapat digunakan untuk memproses pelaporan dan audit. Untuk modul keuangan, modul ini menyediakan berbagai macam laporan keuangan serta pilihan-pilihan untuk penganggaran dana. Seluruh arus masuk dan keluar uang akan dikelola oleh modul keuangan yang bertugas melacak semua transaksi yang berkaitan dengan akun.

  1. Penggajian

Dalam suatu perusahaan besar, sistem penggajian tentunya menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan. Dengan digunakannya modul penggajian dalam sistem ERP tentu akan sangat banyak membantu. Modul penggajian ini akan membantu mengatur data yang berhubungan dengan bagian Human Resource.

  1. Sistem Manajemen Inventori

Modul inventori memiliki data yang terintegrasi dengan modul penjualan, pergudangan dan pembelian. Walaupun bukan modul yang utama, tetapi modul ini mempunyai peran penting terutama dalam pengelolaan persediaan bahan baku.

  1. Sistem Informasi Manajemen

Modul ini biasanya dikhususkan untuk pihak manajemen. Di dalam modul ini tersedia informasi dan laporan dari keseluruhan modul. Sehingga pihak manajemen mengetahui seluruh aktivitas yang terjadi di dalam perusahaan.

  1. Sumber Daya Manusia

Modul sumber daya manusia digunakan untuk membantu dalam pengaturan penggajian dan biaya yang terkait dengan SDM perusahaan. Selain itu, modul ini data membantu dalam penyimpanan data pegawai atau pihak luar dengan lebih aman. Dan yang terakhir adalah membantu dalam sistem perekrutan sehingga lebih efisien.

  1. Customer Service

Dibuat secara khusus untuk membantu kebutuhan perusahaan dalam mengolah proses order penjualan, distribusi, manajemen hubungan pelanggan dan aktivitas pelanggan. Modul ini juga memiliki kemampuan untuk memproses pesanan perusahaan, jadwal pengiriman dan perkiraan dalam penjualan.

  1. Controling

Modul ini berkaitan dengan akunting di perusahaan. Menyediakan informasi umum mengenai keuangan dan dapat digunakan untuk mendukung dalam pembuatan laporan-laporan controlling. Modul yang umumnya terdapat di dalam controlling adalah: Cost Center Accounting, Profitability Analysis, Product Cost Controling, Overhead Order, Overhead Cost Controling, dan Cost Object Controlling.

  • Quality Management

Modul ini bertanggung jawab dalam mengatur standarisasi kualitas suatu produk. Standar kualitas dari perusahaan akan akan terekam dengan baik di dalam sistem yang harus dipenuhi oleh setiap produk yang dihasilkan.  Standar tersebutlah yang akan membuat konsumen percaya pada produk perusahaan.

  • Logistic

Modul ini berfungsi untuk memonitor hal-hal yang berkaitan dengan order. Seperti tanggal pengiriman, pelaksanaan pengiriman barang, aktivitas pengiriman serta dukungan transportasi untuk pengiriman.

  • Produksi

Modul produksi membantu perusahaan dalam menghasilkan suatu produk. Modul produksi memiliki fungsionalitas seperti penjadwalan mesin, Bill of material, perencanaan produksi, penggunaan bahan baku, melacak perkiraan produksi dan pembuatan laporan mengenai produksi aktual,

 

Dengan adanya modul yang banyak jenisnya, sistem ERP dapat dibilang sangat detai dalam memenuhi kebutuhan perusahaan. Keberhasilan modul-modul pada sistem ERP tergantung pada hasil identifikasi masalah yang terjadi di perusahaan. Diperlukan pemahaman serta pengalaman mengenai proses-proses yang dilakukan di dalam perusahaan. Kemauan karyawan dalam beradaptasi dan memulai untuk mencoba menjadi salah satu aspek yang penting dalam keberhasilan penggunaan sistem ERP di dalam perusahaan. Karena persiapan dalam hal sumber daya tentu harus dipikirkan secara matang dalam penerapan sistem ERP. Maka dari itu, perusahaan pun perlu mengajak serta seluruh karyawan dalam penggunaan sistem ERP untuk keuntungan bersama.

 

Berbicara mengenai perusahaan yang menerapkan sistem ERP, Indonesia menjadi salah satu negara dimana banyak perusahaan yang mulai menerapkan sistem ERP di dalamnya. Sekarang ini, banyak sekali perusahaan teknologi yang menawarkan pelayanan dalam bidang ERP. Pemasaran yang dilakukan pun bermacam-macam disesuaikan dengan target. Di Indonesia, pemasaran yang banyak dilakukan adalah tipe B2B atau pendekatan secara langsung kepada bisnis yang dilihat memiliki prospek yang baik. Dan karena perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda, maka sistem ERP pun terdiri dari 2 tipe yaitu Perangkat Lunak Jadi dan Perangkat Lunak Pesanan (Modifikasi). Perangkat Lunak Jadi dibuat sesuai dengan riset yang telah dilakukan sehingga didalamnya sudah terdapat modul-modul yang memang banyak digunakan perusahaan. Sedangkan untuk jenis Perangkat Lunak Pesanan, perangkat lunak ini dibuat sesuai dengan permintaan perusahaan yang dalam pembuatannya memerlukan beberapa tahapan yang harus dilakukan agar pemilihan perangkat lunak ini tidak salah. Perangkat Lunak Pesanan biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar, karena dibutuhkan dana yang besar hingga ratusan juta rupiah serta waktu yang tentunya tidak singkat (bulanan atau tahunan). Karena implementasi ERP tidak mudah, maka diperlukan banyak pertimbangan sebelum mengimplementasikan sistem ERP. Belajar dari pengalaman perusahaan yang berhasil menggunakan sistem ERP serta membuat metode perencanaan yang tepat dapat membantu anda mengurangi kegagalan dalam implementasi sistem ERP.

 

Bridgetech adalah salah satu perusahaan IT di Indonesia yang menyediakan perangkat lunak ERP untuk perusahaan. Kami memberikan solusi untuk berbagai kebutuhan perusahaan dengan bermacam-macam skala.

Untuk info lebih lanjut mengenai solusi bagi perusahaan Anda serta info mengenai sistem ERP, Anda bisa menghubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *