Software ERP Indonesia (Pt.1)

Mungkin kata-kata software ERP sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dijaman teknologi seperti sekarang ini software ERP sudah mulai banyak digunakan di mana-mana. Penggunaannya cukup luas dan dapat mencangkup bisnis besar yang dapat dibilang sudah mencapai level multinasional dan bisnis kecil yang sedang populer dikalangan anak muda jaman sekarang, yaitu start up business.

Software ini merupakan suatu program yang terintegrasi yang dapat membantu untuk memaksimalkan suatu bisnis. Program ini sangat membantu kita dengan cara mengatur dan membuat beberapa bagian back office seperti HRD (Human Resource Department) atau bagian lainnya yang dapat berhubungan dengan teknologi menjadi otomatis. Secara langsung program ini meningkatkan efektifitas dan juga waktu yang sangat berharga di era yang serba cepat seperti sekarang ini.

Hal yang spesial yang membuat program ini beda daripada program lainnya yaitu kemampuan untuk mengelola berbagai macam sektor dalam satu program saja. Dengan demikian program ini sangat jauh lebih praktis daripada program-program lainnya yang biasanya hanya bisa mengelola satu sektor saja dalam satu program. Beberapa sektor yang dapat dikelola oleh software ERP ini antara lain perencanaan produk, pengembangan (produk dan sumber daya), produksi, penjualan dan juga marketing. Semuanya dikelola hanya dengan satu software dengan satu aplikasi dan pusat data.

 

Sejarah singkat mengenai software ERP

Seperti yang sudah disebutkan, mungkin kata-kata ERP sudah tidak asing lagi ditelinga kita, tapi sebenarnya software ERP ini awalnya tidak disebut sebagai ERP. ERP merupakan akronim dari Enterprise Resource Planning yang sejarahnya dimulai dari tahun 1960. Pada awalnya di tahun 1960, ERP ini merupakan sebuah konsep manajemen untuk inventoris dan juga pengontrol di dalam bidang manufaktur atau produksi.

Pada tahun 1970, program yang telah tercipta sebelumnya di tahun 1960an dikembangkan. Program ini bertujuan untuk memonitor inventaris dan juga memberikan laporan dengan tujuan untuk memberikan hasil yang maksimal dalam proses produksi. Setelah dikembangkan, program ini memiliki nama yaitu MRP. MRP merupakan singkatan dari Material Requirements Planning, program ini dikembangkan untuk membantu dalam jadwal proses produksi yang bertujuan untuk lebih memaksimalkan produksi dalam suatu bisnis.

Para ahli terus mengembangkan program MRP ini dan akhirnya pada tahun 1980 program ini berevolusi kembali. MRP yang dulu dikenal sebagai Material Requirements Planning sekarang dikenal sebagai Manufacturing Resource Planning. Sesuai dengan namanya, program ini terus berkembang ke arah produksi atau manufaktur dan terus fokus untuk meningkatkan produksi.

Barulah pada tahun 1990 program ini berkembang dengan sangat pesat dan mengikuti perkembangan jaman. Program ini tidak lagi berfokus hanya pada masalah produksi secara spesifik, tapi juga berkembang dan melihat sistem produksi secara lebih general dan lebih luas. Karena sebuah produksi itu tidak hanya sebuah sistem produksi saja, tapi melainkan juga orang-orang yang terkait di dalamnya yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi sistem produksi tersebut, contohnya bagian keuangan, HRD (Human Resource Department), dan lain sebagainya. Inilah yang menjadi dasar ERP yang kita kenal sekarang ini.

Apakah Software ERP ini hanya untuk bisnis besar (Enterprise) saja?

Melihat namanya ERP Enterprise Resource Planning, banyak orang akan berpikir bahwa program ini dikhususkan hanya bagi perusahaan atau bisnis besar saja. Anggapan atau pemikiran tersebut tidak sepenuhnya benar. Memang pada dasarnya hampir semua perusahaan besar bahkan raksasa dibidangnya menggunakan ERP ini di dalam bisnisnya untuk meningkatkan produksi dan efektifitas kerja orang-orangnya. Tetapi seperti yang sudah disebutkan pada pembuka artikel ini, banyak juga para pembisnis kecil atau para perusahaan start up yang sudah mulai mengimplementasikan software ERP ini ke dalam perusahaan mereka.

Beberapa alasan mengapa banyak bisnis yang beralih menggunakan software ERP. Ada yang mengganti sistem buatan sendiri, ada yang ingin mengganti sistem keuangannya, ada juga yang ingin memperbaharui sistem yang sudah tua, dan alasan utama mereka menggunakan software ERP karena selain efektifitas, mereka sama sekali belum mempunyai sistem untuk bisnis mereka. Dapat kita lihat, banyak sekali alasan mengapa sebuah perusahaan memerluran software ERP ini. Terlepas dari besar atau kecilnya sebuah perusahaan atau bisnis yang dilakukan, software ERP ini tetap dapat memaksimalkan sebuah bisnis.

Software ERP untuk bisnis kecil atau baru (start up business)

Dalam prakteknya, entah itu bisnis besar atau kecil pasti membutuhkan software ERP ini. Dengan berbagai macam alasan yang sudah disebutkan di atas, apapun itu tapi hampir dapat dipastikan bahwa tujuan akhir dari penggunaan software ERP ini adalah untuk meningkatnya produktifitas yang berujung pada peningkatan keuntungan. Tentu saja para ahli telah melihat hal ini dan mereka juga membuat program yang dirancang khusus untuk setiap jenis perusahaan baik perusahaan dengan bisnis yang besar maupun kecil.

Untuk para bisnis kecil atau baru, ada yang disebut sebagai small business ERP. Small business ERP adalah software ERP yang khusus dirancang untuk bisnis kecil. Dalam small business ERP, program yang digunakan merupakan program yang ringan untuk mengelola dan mengatur setiap kebutuhan dalam bisnis kecil atau baru. Small business ERP ini biasanya adalah SaaS yang merupakan singkatan dari software as a service.

Di dalam Saas ini, beberapa program pengelolaan telah dimasukan dan diatur sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan perusahaan untuk bisnis kecil. Beberapa hal yang ada di dalam SaaS yaitu pengaturan proyek, keuangan, accounting, produksi, pengaturan gudang, penjualan dan marketing. Walaupun terlihat serupa dengan software ERP pada umumnya, SaaS ini dibuat jauh lebih sederhana. Kita dapat membandingkan dengan software yang digunakan untuk perusahaan dengan bisnis yang besar. Hal ini dikarenakan oleh kebutuhan dasar setiap perusahaan adalah sama. Maka dari itu program dari software manapun dapat terlihat serupa, yang membedakan hanya kerumitannya dan besar data yang dikelola.

Apa saja yang terdapat dalam software ERP?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, software ERP ini merupakan suatu program yang terintegrasi yang dapat mengelola beberapa sektor di dalam bisnis dengan satu pusat data untuk mempermudah penggunaannya. Hal ini dapat diartikan bahwa software ini merupakan sebuah paket. Paket ini terdiri dari beberapa bagian atau yang dapat kita sebut sebagai modul. Tidak jarang banyak perusahaan, apakah itu dengan bisnis yang besar atau kecil hanya membeli bagian-bagian atau modul-modul tertentu saja. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, tapi salah satu faktor yang umum adalah mereka membeli modul yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Berikut ini merupakan bagian atau modul yang biasa terdapat dalam suatu software ERP:

  • Perencanaan produk
  • Pembelian bahan
  • Pengontrolan inventaris
  • Pendistribusian
  • Penjualan
  • Promosi
  • Keuangan
  • Accounting
  • Pengelolaan sumber daya manusia

Tentu saja modul dalam software ERP ini tidak hanya terbatas pada hal-hal yang sudah disebutkan di atas. Kita juga bisa menggabungkan beberapa modul yang kita rasa perlu untuk memaksimalkan bisnis yang sedang kita kerjakan. Tidak sampai disitu, modul-modul yang ada yang digabungkan dapat dibuat lebih kompleks dan lebih spesifik lagi, semua tergantung kebutuhan masing-masing.

Perkembangan software ERP di masa sekarang

Seperti yang kita ketahui, bahwa software ERP ini terus berkembang dari masa ke masa. Dimulai dari konsep awal tahun 1960an, software ini berkembang secara berkala menjadi MRP yang mempunyai kepanjangan Material Requirements Planning. MRP atau Material Requirements Planning terus dikembangkan dan akhirnya berubah menjadi Manufacturing Resource Planning dengan fokus pada sistem produksi. Perkembangannya terus terjadi dan mulai memperluas fokusnya dari sistem produksi kepada keseluruhan perusahaan pada tahun 1990.

Dengan fokus yang sama dan dikembangkan dari tahun 1990, software ERP terus berkembang hingga ke masa sekarang ini. Terus melihat dan mengikuti perkembangan jaman, para pengembang software ERP mulai melirik ranah mobile. Beberapa ahli telah mengembangkan mobile ERP, karena di masa sekarang hampir semua orang memiliki mobile phone. Para pembisnis menginginkan akses yang cepat dan mudah lewat handphone atau mobile phone mereka. Hal inilah yang mendorong para ahli, atau software developer membuat mobile ERP.

Hal lain yang menjadi perhatian para ahli adalah media sosial. Meskipun hal ini masih menjadi perbincangan dikalangan para ahli karena ada yang setuju dan ada yang tidak setuju dengan penggabungan media sosial seperti facebook, Instagram, twitter dan lain sebagainya dengan ERP. Beberapa vendor atau penyedia jasa pembuatan software ERP sudah mulai memasarkan program mereka yang dapat digabungkan dengan media sosial.

Trend baru yang juga sedang berkembang dikalangan ahli atau para software developer adalah cloud ERP. Cloud ERP memanfaatkan teknologi cloud data base yang cukup praktis dan dapat diakses dimanapun melalui internet. Para pengembang software ERP mulai melihat potensi yang ada di dalamnya. Sayangnya hal ini terbentur dengan opini dan pilihan beberapa orang yang tidak ingin menggunakan cloud karena berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor keamanan dan privasi.

Kesimpulannya

Dari semua hal yang telah disebutkan di atas, kita dapat menyimpulkan beberapa hal. Yang pertama adalah software ERP memang dibutuhkan dan akan semakin diperlukan oleh para pembisnis. Peningkatan efektifitas di dalam perusahaan, entahkah itu perusahaan dengan bisnis yang besar ataupun kecil menjadi alasan utama dan kesimpulan kedua yang dapat kita ambil. Dan yang terakhir adalah proses perkembangan software ERP yang cepat dan semakin canggih menuntut kita untuk terus meng-update dan mengikuti trend yang ada, karena di era sekarang ini semua berubah dan berkembang dengan sangat cepat.

Dengan artikel ini kami harapkan kita semua dapat lebih mengerti mengenai software ERP dengan segala kegunaannya di dalam perusahaan kita, entah itu bisnis besar ataupun kecil. Karena itu pastikan kita telah menggunakan sistem yang terbaik dan yang paling sesuai untuk bisnis kita. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa sistem tersebut telah up to date, terbaru dibidangnya. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut yang dapat membantu anda mengembangkan bisnis yang telah anda bangun. Kami sangat senang untuk dapat membantu anda dan memberikan solusi yang terbaik sesuai dengan apa yang bisnis anda butuhkan. Do not wait until late!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *