5 Software penting untuk manajemen konstruksi

 

Di dalam sebuah manajemen konstruksi sudah dapat dipastikan banyak hal yang terlibat di dalamnya mulai dari manusia hingga software ERP dan lainnya. Banyaknya orang serta segala macam kebutuhannya secara langsung dapat mempengaruhi software yang akan mereka pakai. Berbagai macam software yang digunakan tentu saja dimaksudkan dengan tujuan untuk mempermudah setiap pekerjaan yang ada contohnya software kontraktor. Software yang dipakai juga tidak saja hanya software yang berhubungan dengan pekerjaan konstruksi secara langsung, tetapi juga software lainnya yang mendukung.

Pada jaman modern seperti saat ini, software ERP seperti sekarang tentu saja membuat manajemen konstruksi menjadi lebih mudah dan teratur. Disamping itu juga dengan adanya software ERP dengan berbagai macam modulnya dapat meningkatkan efektifitas pekerjaan yang dilakukan. Memang di luar software ERP, sebuah manajemen konstruksi juga masih membutuhkan software khusus lainnya. Software yang memang dikembangkan khusus untuk pekerjaan konstruksi. Tetapi keberadaan software ERP ini dapat mendukung dan meningkatkan seluruh kinerja yang ada secara umum.

Pada artikel ini kita akan melihat beberapa modul dari software ERP yang cukup penting peranannya di dalam sebuah manajemen konstruksi. Kita akan lebih berfokus kepada modul software ERP sebagai pemaksimalan sebuah manajemen konstruksi terlepas dari software khusus lainnya yang juga dibutuhkan. Beberapa modul yang akan dibahas meliputi bagian pengaturan proyek secara keseluruhan, komunikasi, finance, dan juga sumber daya. Nanti kita akan lihat lebih lanjut mengapa hal-hal ini penting di dalam sebuah manajemen konstruksi.

Mungkin sebagian dari kita berpikir jika bidang manajemen konstruksi bukanlah bagian kita. Jangan terburu-buru untuk berhenti membaca, karena hal ini bisa juga kita terapkan dalam bidang yang lain. Software ERP itu tidak hanya dibuat secara khusus untuk bidang manajemen konstruksi saja, tetapi juga untuk bidang lainnya. Dengan pemanfaatan yang tepat, kita juga dapat mengaplikasikan modul-modul yang ada kedalam berbagai bidang yang kita jalani saat ini.

Modul software ERP dalam manajemen konstruksi

Ada beberapa software yang terdapat dalam bagian modul software ERP yang cukup berpengaruh dalam sebuah manajemen konstruksi. Software yang paling pertama akan kita bahas adalah sebuah software pengaturan proyek. Software ini ditaruh diurutan pertama karena bisa dibilah software inilah yang pertama kali digunakan sebelum kita melangkah lebih jauh ke depan. Pengaturan proyek ini dapat dikatakan sebagai fondasi dasar dari sebuah proyek yang akan dijalankan.

Sebagaimana umumnya sebuah proyek, maka pengaturan proyek adalah hal yang pertama kali kita jumpai. Pengaturan proyek merupakan sebuah program yang menghubungkan segala hal yang terdapat dalam proyek tersebut. Hal yang paling dasar merupakan struktur organisasi sebuah proyek, hal ini dapat memudahkan kita untuk melihat siapa saja yang bertanggung jawab akan suatu bagian.

Dengan hal ini kita bisa dengan mudah memantau kinerja dari setiap orang pada bidangnya masing-masing. Hal ini dapat terlaksana karena setiap orang akan mengisi data mengenai perkembangan bagiannya dalam suatu proyek. Kita bisa mengaturnya untuk mendapatkan laporan secara bulanan, mingguan bahkan harian sesuai dengan kebutuhan. Selain dari sisi efisiensi waktu, program ini juga bermanfaat untuk membantu kita dalam membuat perencanaan kedepannya dan juga sebagai bahan evaluasi nantinya.

Untuk masalah penjadwalan juga program ini akan sangat membantu kita. Kita dapat dengan mudah mengatur jadwal yang ada, memantau yang sedang berlangsung, bahkan melakukan pergantian jadwal. Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam masalah jadwal ini, dan dengan program ini setiap orang yang memiliki akses bisa dengan mudah mendapatkannya. Hal ini juga membantu kita untuk menghindari miss communication antara seorang dengan yang lain, karena semua akan menerima update yang sama.

Kemampuan lainnya dari pengaturan proyek ini adalah kemampuannya untuk terhubung dengan bagian yang lain. Karena pada dasarnya sebuah proyek konstruksi terhubung dengan berbagai hal, sehingga program penghubung seperti ini sangatlah dibutuhkan. Hal-hal seperti sumber daya manusia, keuangan, peralatan dan lain sebagainya dapat dihubungkan dengan pengaturan manajemen ini.

Human Resource

Sumber daya manusia merupakan hal yang terutama dalam sebuah perusahaan, entah itu perusahaan konstruksi atau perusahan dalam bidang lainnya. Tanpa adanya manusia tidak mungkin sebuah perusahaan dapat berjalan. Sampai saat ini belum ada perusahaan yang yang hanya terdiri dari mesin saja tanpa adanya campur tangan manusia. Maka dari itu sebuah modul dari software ERP yang mengatur tentang sumber daya manusia merupakan hal yang penting untuk dimiliki.

Sekali lagi, terlepas dari apapun juga jenis usaha atau bidang yang digeluti sebuah perusahaan, sumber daya manusia menjadi hal yang sangat penting. Hal ini juga berlaku dalam sebuah proyek konstruksi. Mulai dari perencanaan hingga sampai kepada pelaksanaan semua membutuhkan sumber daya manusia di dalamnya.

Software ERP dengan modul pada bagian sumber daya manusia dapat mengatur banyak hal yang berhubungan dengan bagiannya tersebut. Tentu saja hal ini sangatlah general dan berlaku dalam setiap perusahaan, tidak hanya dalam satu proyek saja. Tetapi dalam hal sebuah proyek, khususnya dalam sebuah proyek konstruksi, maka modul ini juga memiliki peranannya sendiri.

Hal yang paling mendasar adalah kemampuannya untuk menyimpan data dari setiap karyawan yang terlibat di dalam sebuah proyek. Program ini dapat kita gunakan untuk memantau setiap orang yang terlibat di dalamnya termasuk juga dalam hal absensi. Absensi sangat penting karena tidak semua orang yang terlibat dalam sebuah proyek khususnya konstruksi adalah pekerja tetap. Banyak dari mereka yang merupakan pekerja harian lepas yang menerima gaji sesuai dengan jam kerja mereka.

Selain absensi, hal lain yang juga cukup bermanfaat dari software ini adalah masih berhubungan dengan penyimpanan data sumber daya manusia. Kita dapat melihat apakah mereka yang bekerja dengan kita saat ini sudah memiliki pengalaman sebelumnya bersama dengan kita. Pengalaman dalam proyek apa, kapan dan bagaimana perkembangannya dapat kita lihat untuk referensi ke depannya.

Pengaturan inventaris

Selain sumber daya manusia, hal lain yang kita perlu perhatikan ialah sumber daya barang yang kita miliki. Kita perlu mengetahui apa saja yang kita butuhkan untuk sebuah proyek agar dapat berjalan dengan baik. Untuk mencegah terjadinya pemborosan kita perlu tahu juga apa saja yang kita miliki. Jika kita sudah mengetahui apa saja yang kita butuhkan dan miliki maka kita bisa lebih mudah mengatur apa saja yang akan kita beli.

Dalam sebuah proyek konstruksi hal ini juga sangatlah vital untuk kita perhatikan. Bayangkan keadaan di tempat di mana konstruksi sedang berlangsung, pasti cukup berantakan. Tidak menutup kemungkinan adanya kehilangan satu atau dua alat konstruksi jika tidak diperhatikan dengan baik. Software pengaturan inventaris ini ada untuk juga meng-cover hal tersebut. Mencegah terjadinya kehilangan dengan adanya pendataan yang akurat.

Selain untuk melihat stok inventaris yang ada dan juga untuk melakukan pengecekan, software ini juga memiliki fungsi lain. Fungsi lainnya biasanya untuk merekomendasikan alat apa saja yang dibutuhkan dalam sebuah proyek, apa lagi jika proyek ini serupa dengan sebelumnya. Selain itu juga, program ini dapat memberikan informasi mengenai penyedia alat jika sewaktu-waktu kita memerlukan alat baru, bahkan terkadang sudah terintegrasi sehingga bisa langsung diadakan pemesanan.

Finance

Sudah pasti jika sebuah perusahaan pasti memiliki bagian keuangannya sendiri. Bagian inilah yang akan mengatur segala macam jenis hal yang berkaitan dengan keuangan. Dan hampir seluruh bagian yang ada dalam sebuah perusahaan berhubungan dengan bagian finance ini. Mulai dari sumber daya manusia, inventaris, sampai masalah jual beli semua terkait dengan bidang yang satu ini.

Untuk sebuah proyek konstruksi juga sama, finance merupakan bagian yang sangat penting di dalamnya. Sebuah software finance yang terintegrasi dengan software lainnya akan sangat dibutuhkan. Fungsi utamanya tentu saja mencatat secara akurat segala pengeluaran dan juga pemasukan yang ada, mulai dari gaji, pembelian inventaris hingga keuntungan yang didapat. Hal ini penting karena ini adalah bahan analisa kita untuk membangun sistem yang lebih baik sehingga keuntungan bisa ditingkatkan.

Selain itu juga, ada beberapa fungsi lainnya yang membantu kita dalam masalah keuangan. Salah satunya adalah pengontrolan otomatis pembayaran dan juga pengiriman tagihan, Jadi baik pembayaran kita dan juga pemasukan akan tepat pada waktunya tanpa ada yang terlewat apa lagi sampai terlupakan. Hal ini biasanya termasuk juga dengan pemantauan setiap proses transaksi yang berlangsung.

Marketing

Jika semuanya sudah berjalan dengan baik, maka hal terakhir yang kita butuhkan tentu saja pengguna jasa kita. Software marketing biasanya kita dikenal dengan sebutan CRM (Customer Relationship Management). Sesuai dengan namanya, software ini berfungsi untuk membantu kita membangun hubungan dengan para konsumen kita baik itu calon konsumen ataupun konsumen tetap.

Kemampuan software ini biasanya untuk menyimpan setiap data konsumen yang kita miliki. Dari sini biasanya software ini mampu mengelola data konsumen sedemikian rupa sehingga mampu memberikan laporan bahkan saran yang dapat kita pakai. Tentu saja hal ini akan sangat berguna terutama untuk para tim marketing kita. Sehingga mereka dapat menemui calon klien yang tepat dan juga berhubungan dengan para klien yang sudah ada.

Kesimpulan

Dari kelima software yang sudah disebutkan di atas ada beberapa kesimpulan yang dapat kita tarik. Kesimpulan yang pertama yaitu bahwa kelima software tersebut sebenarnya tidak hanya dapat digunakan untuk manajemen konstruksi saja. Jika kita lihat fungsi dan juga kegunaannya, software-software tersebut dapat kita terapkan juga untuk bidang-bidang lainnya.

Kesimpulan lainnya yaitu bahwa setiap software yang ada sebenarnya berhubungan satu dengan yang lainnya. Untuk sebuah kelancaran proyek maka semua perlu terintegrasi dengan baik. Selain itu keuntungan yang paling terlihat dari penggunaan modul dalam software ERP yang terintegrasi ini adalah kecepatan dan efisiensi waktu. Di jaman sekarang ini waktu menjadi sebuah komoditas yang berharga, oleh sebab itu penggunaan software ERP ini sangatlah membantu.