Jasa Pembuatan Aplikasi Android Indonesia (Pt.2)

Dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas sedikit mengenai jasa pembuatan aplikasi android. Selain itu kita juga membahas tentang apa itu android sebagai dasar sebelum kita membuat aplikasi android. Dalam artikel kali ini kita akan melihat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih para penyedia jasa pembuatan aplikasi android ini. Tentu saja sejalan dengan itu kita juga akan lebih mendalami android untuk lebih memahaminya.

 

 

Para penyedia jasa pembuatan aplikasi android

Seperti yang sudah dituliskan dalam artikel sebelumnya bahwa para penyedia jasa pembuatan aplikasi android sudah cukup menjamur. Entah penyedia jasa pembuatan aplikasi android itu perorangan atau juga dari sebuah perusahaan. Lantas bagaimana cara kita menentukan mana penyedia jasa yang paling cocok dengan kita. Mana penyedia jasa yang dapat menjawab kebutuhan kita dan bisnis kita.

Berikut beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum memutuskan memilih jasa pembuatan aplikasi android:

  • Profesionalitas

Terlepas dari apakah penyedia jasa pembutan aplikasi android tersebut perorangan atau sebuah perusahaan, hal ini kita jadikan sebagai pertimbangan utama. Profesionalisme ini mencangkup segala hal dalam bidang penyedian jasa dari awal sebelum transaksi hingga akhir bahkan dengan adanya after servicenya. Karena tergabungnya seseorang dalam perusahaan tidak melulu menjamin profesionalismenya dan juga sebaliknya.

  • Skill

Masih berhubungan dengan profesionalitas, skill juga menjadi faktor utama dalam menentukan siapa yang akan kita pilih. Menyediakan jasa pembuatan aplikasi android bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan skill dan juga pengetahuan yang mumpuni untuk menyediakan jasa ini.

  • Harga

Tentu saja harga juga menjadi penentu utama sebelum kita memilih penyedia jasa pembuatan aplikasi android. Sesuaikan budget dengan setiap penawaran yang diberikan. Meskipun begitu perlu kita ingat biasanya harga sesuai dengan barang atau jasa yang diberikan. Jadi jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan.

  • Portfolio

Lihat dulu pengalaman seseorang atau sebuah peresahaan sebelum kita memilihnya. Bisa jadi orang atau perusahaan tersebut masih baru dalam bidang penyedian jasa pembuatan aplikasi android ini. Tapi memang tidak menutup kemungkinan bahwa daun baru memiliki kualitas yang baik dan dapat dibandingkan dengan yang sudah berpengalaman.

Pastikanlah beberapa hal di atas sebelum kita menentukan penyedia jasa pembuatan aplikasi android. Sebuah aplikasi yang kita buat merupakan sebuah investasi yang berharga dan jangka panjang jadi wajar untuk menimbang-nimbang terlebih dahulu. Ambil waktu untuk memikirkannya dengan baik dan jangan terburu-buru.

Mengapa Android

Sekarang kita masuk lagi kedalam sesi android. Jauh sebelum kita memilih penyedia jasa pembuatan aplikasi android hal inilah yang harus kita perhatikan lebih dahulu. Kita harus mengerti benar tentang android ini sebelum kita melakukan bisnis dengan menggunakannya sebagai dasar.

Beberapa hal penting sudah disebutkan dalam artikel sebelumnya. Hal tersebut melingkupi sejarah dan tujuan dari android ini sendiri, dan mengapa banyak orang memilih menggunakan android. Selain itu juga mengapa banyak penyedia jasa pembuatan aplikasi android dibandingkan dengan platforms lainnya.

Sedikit trivia mengenai android sebelum kita masuk lebih dalam. Apakah kita sadar kalau nama-nama versi android itu selalu menggunakan jenis-jenis snack. Dari versi android awal-awal seperti honeycomb sampai dengan versi terbaru seperti Lollipop, Kitkat Marshmallow, Nougat dan yang terbaru Oreo. Ternyata nama tersebut diambil dari huruf versi android yang dikembangkan, contohnya android M dirilis dengan menggunakan nama Marshmallow. Bisa dibilang ini adalah salah satu tehnik marketing untuk mempermudah customer mengingat nama produk dari suatu produsen dalam hal ini sistem operasi android.

Yang membuat android berbeda

Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya dengan perbedaan antara android dengan sistem operasi lainnya. Dalam artikel sebelumnya disebutkan bahwa perbedaan utama antara android dengan yang lainnya adalah keterbukaan kode sistem operasi. Android merupakan open source platforms yang bisa didapatkan secara mudah dan gratis. Sedangkan kompetitiornya bisa dibilang merupakan close source platforms.

Berangkat dari situ saja sudah banyak perbedaan yang signifikan antara android dengan para kompetitornya. Sebut saja harga dan juga kemudahan yang menjadi salah satu faktor utama dalam banyaknya peminat smatphone berbasis android. Hal ini juga yang secara tidak langsung menyebabkan banyaknya penyedia jasa pembuatan aplikasi android. Banyak sekali aplikasi yang dapat menghasilkan keuntungan dirilis pertama kali dalam versi androidnya dulu.

Selain dari sisi pengembang, ternyata android memang memiliki daya tarik dari sisi pengguna juga. Para pengguna smartphone berbasis sistem operasi android ini dapat membuat handphonenya terasa lebih personal. Hal ini dikarenakan dengan mudahnya para pengguna untuk melakukan berbagai penyesuaian sesuai dengan kebutuhan pribadi.

Banyaknya pilihan apps yang tersedia dalam banyaknya apps store yang ada menjadikan setiap smartphone unik. Kita bisa mendesain tampilan dalam sesuai dengan keinginan kita dengan mengisinya dengan apps yang kita inginkan. Mulai dari apps yang secara langsung mempengaruhi tampilan seperti themes hingga apps yang memenuhi kebutuhan masing-masing seperti games atau office.

Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa android menjadi salah satu lahan bisnis yang cukup menjanjikan untuk para pembisnis. Di Indonesia sendiri sudah banyak aplikasi yang memiliki fungsi serupa namun berbeda untuk tiap daerah. Contoh paling mudah adalah banyaknya aplikasi transportasi online. Hal ini mungkin terjadi karena sebagai open source platform, android juga tidak membatasi adanya aplikasi yang mirip satu dengan yang lainnya.

Bersama-sama tetapi tidak sama

Banyaknya perbedaan yang terdapat dalam sistem operasi android ini memang merupakan nilai jual utamnya. Meskipun sama-sama menggunakan sistem operasi android, namun tiap-tiap merek smartphone memiliki feel yang berbeda. Feel ini terasa dari berbedanya UI atau user interference dari tiap-tiap merek smartphone berbasis android tersebut.

Salah satu produsen smartphone ternama yaitu Samsung menggunakan sistem yang disebut TouchWiz. Samsung TouchWiz memberikan kita AI assistant eksklusif bernama Bixby yang memiliki kemampuan mirip dengan Google Assistant dan sejenisnya. Samsung juga memiliki sistem gaming yang mampu menahan setiap notifikasi dan lainnya saat kita sedang fokus bermain game. Security updates dari Samsung juga yang membuat smartphone ini berbeda dari smartphone lainnya.

Produsen smartphone lainnya Sony juga memiliki sistem yang diberi nama Sony Xperia. Meskipun produk smartphone Sony kurang digandrungi di Indonesia, tetapi di luar negeri merek ini cukup terkenal dan memiliki peminatnya sendiri. Sony memberikan update untuk setiap softwarenya secara berkala dengan konsisten. Hal inilah yang menjadi keunggulan Sony dalam memberikan pelayanan dengan software yang selalu terupdate.

Huawei sebagai salah satu produsen smartphone yang mulai memiliki nama di Indonesia juga memiliki keunikannya sendiri. Bagi para pengguna Huawei tentu saja dapat merasakan perbedaan yang diberikan oleh kameranya dibandingkan dengan kamera dari smartphone lainnya. Huawei juga memiliki machine learning-supported memory optimization yang memungkinkan aplikasi yang sering kita gunakan berada di dalam quick access. Untuk urusan update juga Huawei cukup memperhatikannya meskipun tidak sesering dibandingkan dengan beberapa merek smartphone lainnya yang ada di pasaran.

Smartphone yang cukup populer dari korea, LG juga memiliki kemampuan khusus diantara para kompetitornya. Salah satu yang cukup menonjol dari LG adalah kemampuan dual screen modenya. Selain itu kemampuan untuk menyimpan aplikasi selama 24 jam sebelum benar-benar dihapus juga menjadi keunikan tersendiri. Meskipun dalam urusan update LG bisa dibilang cukup lambat jika kita bandingkan dengan beberapa merek smartphone lain.

Jadi tiap aplikasi harus dikhususkan untuk setiap merek?

Mungkin pertanyaan di atas muncul di benak kita ketika selesai membaca tentang kekhususan dalam setiap merek smartphone. Entah kita sebagai pencari atau juga penyedia jasa pembuatan aplikasi android. Apakah hal ini perlu diperhatikan sebelum kita meminta jasa pembuatan aplikasi android? Jawabannya adalah tidak, kita tidak perlu mengkhawatirkan hal ini sebelum kita membuat sebuah aplikasi untuk sistem operasi android.

Jika kita ingin membuat sebuah aplikasi android kita bisa langsung membuatnya. Kalau aplikasi itu dibuat dengan benar maka setiap merek smartphone dapat menjalankan aplikasi tersebut. Hanya yang perlu kita perhatikan adalah versi dari android yang digunakan. Biasanya kita perlu memberikan update secara berkala agar bisa mengikuti setiap versi terbaru dari android. Hal inilah yang perlu kita perhatikan sebelum membeli jasa penyedia pembuatan aplikasi android.

Tentu saja kita berharap bahwa aplikasi yang kita luncurkan dapat terus bertahan di pasaran. Hal ini tidak hanya memerlukan ide kreatif dalam pengembangannya, tetapi juga update secara berkala. Kita harus terus mengikuti update versi terbaru dari sistem operasi android untuk memastikan bahwa aplikasi kita dapat dijalankan di versi terbaru tersebut. Jadi pastikan penyedia jasa pembuatan aplikasi android yang kita sewa menyediakan layanya untuk mengupdate aplikasi yang dibuat.

Selain itu aplikasi yang kita buat juga harus tetap bisa digunakan oleh beberapa versi sistem operasi sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh karena beberapa smartphone yang sudah lama beredar di pasar tidak dapat terupdate sistem operasinya. Bisa jadi hal ini dikarenakan oleh ketidakmampuan hardware smartphone dalam menerima update versi terbaru yang disediakan. Mungkin saja salah satu pelanggan setia kita menemui masalah ini. Jangan sampai dia perpindah ke aplikasi lainnya hanya karena tidak dapat menggunakan lagi layanan dari aplikasi kita.

Android sebagai lahan bisnis

Bisnis berbasis aplikasi android memang sedang populer di masa sekarang. Dimana banyak orang yang memiliki smartphone khususnya android. Banyak peluang yang bisa kita ambil jika kita cukup jeli melihatnya. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan setiap peluang yang ada. Untuk kita yang memiliki kemampuan dibidang IT juga dapat dipergunakan untung berbisnis dengan cara menyediakan jasa pembuatan aplikasi android tersebut.

Kami berharap dari artikel ini kita bisa lebih mendalami tentang android sebelum kita memanfaatkannya lebih lagi. Apa itu android, apa itu aplikasi android, bagaimana cara kerjanya, perbedaan smartphone berbasis android dan lain sebagainya. Hal ini penting sebelum kita memutuskan untuk berbisnis dengan basis aplikasi sistem operasi android. Tidak lupa juga dengan beberapa pertimbangan dalam memutuskan jasa pembuatan aplikasi android.