Jasa Pembuatan Aplikasi Android Indonesia (Pt.3)

Jasa Pembuatan Aplikasi Android Indonesia (Pt.3)

Artikel ini masih berisi tentang jasa pembuatan aplikasi android yang sedang menjamur di Indonesia. Kalau dalam artikel sebelumnya, kita membahas tentang android dan mendalaminya sebelum kita memilih jasa pembuatan aplikasi android. Dalam artikel kali ini kita akan lebih membahas tentang aplikasinya itu sendiri dan juga tempat untuk mendownloadnya.    

Inspirasi sebelum menggunakan jasa pembuatan aplikasi android

Inspirasi itu bisa datang dari mana saja jika kita cukup peka untuk melihatnya. Hal ini juga berlaku dalam jasa pembuatan aplikasi android. Tidak hanya dalam jasa pembuatan aplikasi android itu sendiri, bahkan dalam hal sebelum menggunakan jasa tersebut pun hal ini berlaku. Sebenarnya tidak cukup sulit untuk menemukan inspirasi di jaman sekarang ini. Dengan adanya internet kita bisa dengan mudah mengakses berbagai macam informasi yang ada. Dari informasi tersebut dapat kita kembangkan lagi untuk dijadikan bisnis. Apalagi dengan bisnis yang berhubungan dengan aplikasi yang ada di dalam android. Terkadang kita sebagai calon pengguna jasa pembuatan aplikasi android cukup bingung dengan aplikasi seperti apa yang harus kita buat. Hal ini juga berlaku untuk para penyedia jasa pembuatan aplikasi android. Terkadang mereka bingung untuk apa yang dapat dipasarkan dari jasa pembuatan aplikasi android ini. Jawaban yang paling mudah dapat kita temukan dalam aplikasi itu sendiri.

Aplikasi-aplikasi android untuk inspirasi

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang cukup populer di dunia termasuk Indonesia. Mungkin dari hal ini kita entah sebagai pengguna atau penyedia jasa pembuatan aplikasi android bisa mendapatkan inspirasi. Sebagai pengguna jasa pembuatan aplikasi android kita bisa terinspirasi untuk menciptakan sebuah aplikasi baru. Untuk penyedia jasa pembuatan aplikasi android dapat terinspirasi tentang nilai jual sebuah aplikasi.

Aplikasi pengiriman pesan

Salah satu fungsi utama dari sebuah telefon entah itu dari awal terciptanya hingga era smartphone seperti sekarang adalah untuk berkomunikasi. Jika pada jaman dahulu orang menggunakan telefon untuk menyampaikan suatu pesan secara lisan dan menggunakan surat untuk secara tulisan. Jaman sekarang semuanya sudah lebih mudah dan praktis menjadi satu dengan adanya handphone. Handphone yang kemudian berkembang menjadi smartphone ini memberikan rasa yang baru dalam menyampaikan pesan lisan ataupun tulisan. Salah satu aplikasi pengirim pesan paling populer di dunia adalah whatsapp. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk berinteraksi secara lisan maupun tulisan dalam format digital. Bisa kita lihat bahwa sebenarnya aplikasi ini hanya mengembangkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sebuah telefon dan surat. Mereka hanya memenuhi salah satu kebutuhan dasar manusia tetapi bisa menjadi salah satu aplikasi yang paling populer. Sebagai penyedia jasa pembuatan aplikasi android kita bisa memasarkan hal ini sebagai nilai jual untuk para calon pelanggan kita. Untuk kita calon pengguna jasa pembuatan aplikasi android bisa menjadikan hal ini sebagai ide bisnis kita. Kita bisa membuat aplikasi komunikasi lokal contohnya. Hal ini juga sudah dilakukan di beberapa negara seperti Korea dan China

Media Sosial

Jaman sekarang media sosial menjadi salah satu kebutuhan wajib yang ada dalam setiap smartphone. Sebenarnya fungsi utama dari media sosial tidak terlalu berbeda dengan aplikasi pengiriman pesan. Hanya saja bentuk dari penyampaian pesan yang ditawarkan berbeda dari aplikasi pengiriman pesan biasa. Bahkan banyak dari aplikasi ini yang memasukan fungsi pengiriman pesan seperti aplikasi pengiriman pesan semacam whatsapp. Kita bisa melihat berbagai macam bentuk penyampaian pesan yang berbeda dari tiap-tiap media sosial. Contohnya Instagram, aplikasi ini memungkinkan kita menyampaikan pesan lewat gambar. Tidak hanya itu, kita juga bisa mengirimkan pesan secara langsung untuk follower kita layaknya aplikasi pengiriman pesan. Bahkan tidak terbatas hanya pada gambar dan tulisan, sekarang kita bisa membuat pesan berupa video dengan durasi yang cukup panjang. Bagi kita hal ini bisa kita jadikan inspirasi untuk membuat aplikasi serupa. Mungkin kita memiliki ide-ide yang dapat dikembangkan menjadi media sosial baru nantinya. Kita hanya perlu mencari penyedia jasa pembuatan aplikasi yang mampu membuat aplikasi sesuai dengan keinginan kita. Bersiap juga untuk mengeluarkan modal, karena biasanya aplikasi yang bagus itu cukup mahal tapi akan sebanding dengan investasi yang dikeluarkan.

Musik

Musik sudah menjadi bagian dari hidup manusia dari jaman dahulu. Berbagai alat musik dikembangkan untuk menciptakan music yang indah. Banyak juga alat untuk memutar musik tersebut yang juga mengikuti perkembangan jaman. Sebut saja Walkman, Disk player, MP3 player dan yang sekarang paling banyak digunakan, smartphone. Aplikasi android dengan tujuan untuk menunjang hal-hal yang berhubungan dengan musik sudah tidak asing lagi. Banyak hal yang tersedia mulai dari aplikasi yang membantu kita men-tune gitar, merubah smartphone menjadi drum sampai aplikasi pemutar lagu. Yang sekarang cukup populer di Indonesia bahkan di dunia adalah Spotify dan Joox. Mereka merupakan aplikasi pemutar lagu tanpa mengharuskan kita mendownload lagu tersebut lebih dahulu. Mungkin dari aplikasi-aplikasi tersebut kita dapat kembangkan dengan menambah beberapa ide. Misalkan kita membuat aplikasi yang membuat smartphone kita menjadi gamelan atau alat musik tradisional lainnya. Bisa juga dengan membuat pemutar lagu-lagu dengan konten lokal yang lebih komplit. Aplikasi semacam ini juga bisa kita pesan kepada penyadia jasa pembuatan aplikasi android yang terpercaya.

Aplikasi-aplikasi pendukung

Disamping beberapa aplikasi yang disebutkan diatas, kita juga bisa membuat aplikasi pendukungnya. Hal ini juga sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh banyak orang dan tidak sedikit yang meraih kesuksesan. Terkadang aplikasi pendukung ini berperan cukup penting dalam memaksimalkan aplikasi-aplikasi yang sudah ada. Untuk aplikasi semacam Instagram contohnya ada banyak aplikasi lain untuk membantu kita meng-edit foto yang kita ambil. Sebenarnya dalam aplikasi Instagram sudah tersedia fitur-fitur untuk meng-edit foto sebelum kita post. Namun pada kenyataannya masih banyak orang yang menggunakan aplikasi peng-edit foto yang lain dan kemudian foto tersebut dipost melalui Instagram. Contoh aplikasi tersebut adalah snapseed, photodirector, VSCO dan masih banyak lagi. Bahkan untuk aplikasi pengiriman pesan seperti Whatsapp pun kita bisa mengembangkan aplikasi pendukungnya. Salah satu aplikasi untuk mendukung apps sejenis Whatsapp adalah SwiftKey. Aplikasi ini berfungsi untuk merubah tampilah keyboard smartphone kita dan mempermudah kita untuk menulis pesan. Atau kita juga bisa mencoba Google Keyboard yang memiliki banyak sekali jenis huruf. Google Keyboard memungkinkan kita menulis pesan tidak hanya dalam huruf romawi tapi juga dalam huruf kanji dan sebagainya. Faktor keamanan smartphone yang kita miliki juga sangatlah penting. Berangkat dari kesadaran pentingnya keamanan sebuah smartphone, beberapa perusahaan juga mengembangkan aplikasi keamanan semacam antivirus dan firewall. Aplikasi ini dapat dibilang merupakan aplikasi pendukung untuk smartphone. Karena seiring dengan perkembangan smartphone, perkembangan virus untuk mengganggu bahkan merusak perangkat kita juga terus berkembang.

Google Play

Google Play merupakan salah satu apps store yang tersedia untuk handphone berbasis sistem operasi android. Lewat Google Play kita bisa mendownload semua aplikasi yang dikembangkan untuk android. Memang para pengguna smartphone android tidak diwajibkan untuk mendownload aplikasi hanya dari Google Play, mereka diberikan pilihan-pilihan lainnya disamping Google Play ini. Sebut saja Amazon Appstore, GetJar, Opera Mobile Store dan masih banyak lagi. Ada beberapa trik untuk para pengguna Google Play dalam menggunakan aplikasi ini. Yang pertama kita dapat menggunakan VPN untuk bisa mendownload aplikasi-aplikasi yang hanya tersedia di negara tertentu saja. VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang berfungsi untuk membuat kita seolah-olah mengakses internet dari tempat lain. Untuk para orang tua yang khawatir akan banyak apps yang tersedia dan tidak tersaring untuk anak mereka dapat menggunakan fungsi parental lock. Fungsi parental lock ini membuat aplikasi yang akan didownload oleh anak kita dapat dipantau. Jadi untuk beberapa aplikasi tidak dapat sembarangan didownload oleh anak, karena mereka memerlukan nomor pin dari orang tua terlebih dahulu. Hal ini dapat membuat orang tua menjauhkan anaknya dari konten yang tidak sesuai dengan umur si anak tersebut. Kita juga bisa mencoba aplikasi berbayar dalam Google Play tanpa harus khawatir akan kecocokan dan fungsi dari sebuah aplikasi tersebut. Dengan adanya sistem refund, kita bisa mencoba apakah aplikasi yang kita beli sesuai dengan deskripsi atau kebutuhan kita. Perlu kita perhatikan bahwa sistem refund ini berlaku dua jam pertama setelah pembelian dilakukan. Sistem operasi android memang sangat terbuka untuk setiap kreatifitas yang ada. Sekali lagi inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyaknya penyedia jasa pembuatan aplikasi android yang ada di Indonesia. Sebenarnya banyak sekali apps diluar sana yang tidak terlihat pada Google Play, karena biasanya bukan buatan dari pengembang besar. Aplikasi-aplikasi ini dapat kita cari lewat mesin pencari dan tetap dapat kita download ke dalam smartphone kita.

Kesimpulan

Dari berbagai macam hal yang sudah kita bagikan dalam artikel ini dan juga dari artikel-artikel sebelumnya ada beberapa kesimpulan yang dapat kita ambil. Yang pertama adalah android merupakan platform yang sangat cocok untuk kita mengembangkan ide yang kita miliki. Tanpa kita harus lebih dahulu memiliki pengetahuan di bidang IT pun kita masih dapat berkarya lewat platform android ini. Kita hanya perlu mencari penyedia jasa pembuatan aplikasi android yang terpercaya untuk membantu kita merealisasikan ide-ide yang kita miliki. Yang kedua adalah bahwa platform ini membuka banyak lapangan kerja baru. Mudahnya untuk mengakses sistem operasi ini membuat banyak perusahaan mulai memproduksi smartphone. Disamping itu juga banyak profesi lain yang muncul dengan berkaitan pada industri ini seperti distributor dan juga para penjual. Bahkan dalam pengembangannya pun, android masih tetap menciptakan kesempatan kerja lainnya. Mulai dari penyedia jasa pembuatan aplikasi android hingga para orang-orang yang nantinya akan terlibat dalam bisnis yang ada. Tentu saja yang terakhir adalah keuntungan kita sebagai konsumen. Sebagai konsumen kita memiliki banyak sekali pilihan smartphone yang tersedia. Dengan harga yang terjangkau dan juga kompetitif kita bisa membeli smartphone ini. Untuk kita yang sangat menyukai keunikan dan tampilan pribadi, android merupakan smartphone yang sangat cocok untuk kita.
Related Posts