Jasa Pembuatan Aplikasi iOS (Pt.1)

Dalam artikel ini kita masih akan membahas mengenai sebuah jasa pembuatan aplikasi. Pada beberapa artikel kebelakang sudah dibahas mengenai jasa pembuatan aplikasi android dan juga jasa pembuatan aplikasi web. Rasanya masih kurang komplit jika kita belum membahas sistem operasi populer lainnya yaitu iOS. Jadi pada artikel kali ini kita akan membahas hal-hal yang berhubungan dengan jasa pembuatan aplikasi iOS.

 

 

Seperti halnya pada aplikasi dengan sistem operasi android maupun aplikasi berbasis web, aplikasi dengan sistem operasi iOS juga memiliki keunikannya tersendiri. Keunikan itu bisa kita lihat mulai dari bahasa pemrograman yang berbeda, fungsi serta segala kelebihan dan kekurangannya. Selain dari sisi IT atau sisi teknis, aplikasi berbasis iOS ini juga memiliki pasar dan juga penggemarnya sendiri. Jadi banyak hal yang bisa kita ulik dari jasa pembuatan aplikasi iOS ini.

Sebelum masuk pada jasa pembuatan aplikasi iOS

Sebelum kita masuk ke dalam jasa pembuatan aplikasi iOS, seperti yang sudah kita lakukan, kita akan mengenal iOS ini terlebih dahulu. Karena seperti yang sudah ditekankan pada beberapa artikel, sebelum kita melakukan sesuatu adalah baik jika kita kenali hal itu terlebih dahulu. Hal ini sekali lagi bukan tanpa alasan, melainkan supaya kita bisa lebih maksimal dalam menggunakan hal tersebut. Tentu saja hal ini juga berlaku untuk jasa pembuatan aplikasi iOS, sebelum kita masuk lebih jauh maka kita akan melihat dulu hal-hal yang menjadi dasar.

Sejarah singkat Apple

Tentu saja sebuah perusahaan besar yang bisa kita lihat saat ini tidak terbentuk hanya dalam waktu satu malam saja. Ada banyak hal yang terjadi sebelum perusahaan itu menjadi besar dan akhirnya bisa sukses dan berhasil seperti sekarang ini. Mereka telah melewati berbagai macam rintangan dan juga momen-momen bahagia, sedih, tegang, dan lain sebagainya. Hal ini juga berlaku bahkan untuk perusahaan sekelas Apple, bahkan hal inilah yang membentuk Apple menjadi perusahaan raksasa seperti sekarang.

Beberapa kejadian awal berdirinya sebuah perusahaan besar memang terdengar seperti dongeng bagi sebagian besar orang. Mereka memulai bisnis kecil dari garasi rumah mereka dengan beberapa orang teman yang mungkin hanya sebagai candaan saja pada awalnya. Hal ini juga ternyata terjadi kepada Steve Jobs dan Steve Wozniak pada saat awal mula mereka merintis perusahaan Apple. Semua itu terjadi pada tanggal 1 April 1976 bertempat di dalam sebuah garasi milik Steve Jobs.

Mereka memiliki visi untuk merubah pandangan masyarakat akan sebuah komputer yang pada saat itu tidaklah begitu praktis. Mereka menginginkan sebuah komputer yang cukup kecil untuk dapat ditaruh dalam ruangan seperti rumah atau kantor. Singkatnya mereka mempunyai visi untuk membuat komputer yang praktis dan ramah dalam penggunaannya.

Pada awalnya mereka menjual produk Apple I tanpa monitor, keyboard dan casing yang baru pada tahun 1997 ditambahkan kedalam penjualannya. Penjualan Apple meledak di pasaran ketika mereka meluncurkan produk Apple II. Hal ini disebabkan oleh karena mereka memperkenalkan grafis berwarna untuk pertama kalinya.

Sangat disayangkan bahwa Steve Wozniak meninggalkan Apple pada tahun 1983 dan disusul oleh Steve Jobs pada tahun 1985. Tetapi sebelum Steve Jobs meninggalkan Apple, dia menunjuk John Sculley untuk menjadi presiden Apple. Justru karena ketidakcocokan antara Sculley dan Jobs ini lah yang menyebabkan Jobs memilih keluar dari Apple. Baru kemudian pada tahun 2000 Steve Jobs diminta kembali dan resmi menjadi CEO dari Apple.

Produk-produk keluaran Apple

Produk pertama keluaran Apple ialah Apple I, inilah komputer yang pertama kali diproduksi oleh Steve Jobs dan juga Steve Wozniak. Pada perkembangannya, Apple I berevolusi menjadi Apple II dan disambut baik oleh orang-orang pada masa itu. Tidak lama berselang, Apple juga mengeluarkan Macintosh yang penjualannya berdampingan dengan produk Apple II. Sekarang produk Macintosh ini lebih dikenal dengan nama Mac, seperti MacBook, MacBook Air, MacBook Pro, iMac, iMac Pro, Mac Mini dan juga Mac Pro.

Untuk produk Mac sendiri, mereka menggunakan sistem operasi yang disebut dengan nama Macintosh System Software pada mulanya. Sistem operasi ini sukses dan terus berkembang hingga sekarang pada tahun 2018 kita mengenalnya dengan sebutan macOS Mojave. Meskipun memang tanggal resmi peluncuran macOS Mojave masih simpang siur, tetapi diperkirakan sistem operasi ini akan meluncur pada bulan September atau Oktober 2018. Jadi jangan sampai salah kira bahwa seluruh produk Apple menggunakan sistem operasi yang sama seperti iOS.

Produk populer lainnya dari Apple adalah mp3 player dengan sebutan iPod. iPod dan musik sempat menjadi sangat populer pada saat awal peluncurannya sehingga mengalahkan keuntungan produk utama mereka. iPod ini juga didukung oleh software media player dari Apple yang dikenal dengan nama iTunes. Produk iPod ini juga terus berkembang mengikuti jaman dan berevolusi menjadi iPod touch dengan banyak kemampuan tambahan selain daripada mp3 player saja. Produksi beberapa jenis iPod sudah mulai dihentikan, meskipun kita masih bisa menemukannya dibeberapa toko.

Setelah iPod populer dipasaran, kita mengenal adanya handphone keluaran Apple yang diberi nama iPhone. Sistem operasi atau OS yang digunakan oleh iPhone inilah yang kita kenal sekarang dengan sebutan iOS. iOS ini merupakan sistem operasi untuk perangkat Apple seperti iPod Touch, iPhone, dan juga iPad yang dikenal masyarakat setelah iPhone. Nanti inilah sistem operasi yang akan kita bahas dalam jasa pembuatan aplikasi yang sedang populer disamping Android dan juga aplikasi berbasis web.

Kelebihan dari iPhone

Apa saja kelebihan dari iPhone? Mengapa harus iPhone dan bukan iPod Touch atau juga iPad? Padahal mereka sama-sama menggunakan sistem operasi yang sama yaitu iOS. Memang pada dasarnya sistem operasi iOS tidak eksklusif hanya untuk iPhone saja tetapi juga untuk iPod Touch dan juga iPad. Pemilihan iPhone sendiri didasarkan pada perangkat dari iOS yang paling banyak digunakan oleh masyarakat pada saat ini.

Jika kita ingin berfokus kepada jasa pembuatan aplikasi iOS, kita harus mengetahui kelebihan yang ditawarkan oleh perangkat berbasis OS tersebut. Jadi sekarang kita akan melihat beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh iPhone yang cukup berbeda dari para pesaingnya. Meskipun para pesaingnya juga memiliki teknologi yang serupa, hal ini dikarenakan oleh mereka bersaing dalam satu bidang yang sama. Tetapi meski begitu iPhone dengan sistem operasinya yaitu iOS tetap memiliki pengguna dan penggemar setianya sendiri.

FaceTime

Hal pertama yang menjadi kelebihan iPhone yang cukup berbeda adalah adanya teknologi FaceTime. Teknologi ini memungkinkan kita untuk melakukan video call dengan pengguna iPhone lainnya. FaceTime feature ini menggunakan kamera depan dari iPhone dan memberikan kualitas video yang diklaim banyak orang sebagai high definition. Pada awal-awal penggunaannya, FaceTime hanya dapat digunakan melalui jaringan WiFi, tetapi seiring berjalannya waktu sudah bisa digunakan lewat paket data seluler.

Mungkin untuk kita pada masa sekarang ini tidak merasa kesulitan untuk melakukan sebuah video call lewat smartphone kita. Saat ini kita memiliki banyak platform untuk melakukan hal tersebut contohnya lewat Line atau juga WhatsApp. Tetapi pada saat awal peluncuran FaceTime pada tahun 2010, video call bukanlah hal yang wajar yang dapat dilakukan dengan mudah. Untuk dapat melakukan sebuah video call biasanya seseorang akan duduk di depan komputer dengan sebuah webcam.

Jadi teknologi FaceTime pada waktu itu menjadi sebuah dobrakan dan juga menjadi populer. Mungkin sebagian dari kita berpikir kalau teknologi ini sudah bukan lagi menjadi suatu hal yang spesial pada masa sekarang. Tetapi dengan pengalamannya yang sudah mencapai delapan tahun tentu saja membuat FaceTime ini memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan teknologi video call yang baru saat ini.

iCloud

Hal lain yang menjadi penawaran menarik ketika kita memiliki sebuah iPhone adalah terdapatnya teknologi iCloud. Teknologi ini pada dasarnya adalah sebuah teknologi cloud yang dimiliki oleh Apple. Dengan iCloud kita bisa dengan mudah untuk melakukan penyimpanan data yang dapat diakses dari produk Apple lainnya yang kita miliki.

Teknologi iCloud ini membantu kita dalam hal menghemat waktu dari pembagian data satu persatu. Kita tidak perlu repot lagi untuk memindahkan data dari iPhone kita kedalam Mac yang kita miliki. Tetapi memang tidak dapat dipungkiri jika teknologi ini hanya berfungsi penuh jika kita memiliki produk Apple lainnya. Karena teknologi iCloud ini tidak bisa digunakan oleh platform lain selain daripada produk keluaran Apple.

Siri

Keunikan lainnya yang ditawarkan oleh iPhone ini adalah Siri yang merupakan sebuah asisten virtual dari Apple. Siri sendiri merupakan sebuah artificial intelligent atau yang biasa disebut dengan AI. Siri dapat dioperasikan dengan menggunakan suara penggunanya dan teknologinya masih terus dikembangkan hingga saat ini.

Dalam iOS 11 Siri memiliki suara yang lebih jelas dibandingkan dengan versi sebelumnya. Pada versi iOS 11 ini juga Siri memiliki kemampuan untuk menterjemahkan suatu bahasa asing kedalam bahasa lainnya. Perkembangan Siri sendiri tidak terlepas dari berbagai komentar yang diterima Apple sejak peluncurannya pada tahun 2011. Ada yang memberi komentar positif terhadap artificial intelligent besutan Apple ini dan ada juga yang mengatakan bahwa Siri kurang inovatif jika dibandingkan dengan pesaingnya.

Pengenalan Apple dan iOS

Berikut tadi merupakan sebuah perkenalan tentang Apple dan juga salah satu sistem operasi dari produknya yaitu iOS. Perkenalan ini tentu saja dimaksudkan sebagai pembuka sebelum kita masuk lebih dalam pada sistem operasi iOS itu sendiri. Dari sistem operasi Apple atau iOS ini kemudian kita akan membahas mengenai jasa pembuatan aplikasi iOS. Hal ini dikarenakan sistem operasi iOS ini cukup berbeda dari sistem operasi lainnya seperti android.

Perbedaannya sudah terasa sejak pertama kali kita ingin membuat sebuah aplikasi berbasis iOS. Bahasa pemrograman yang berbeda dengan yang dipakai untuk membuat sebuah aplikasi android. Terdapat juga perbedaan cara untuk mendaftarkan aplikasi yang kita buat kedalam store yang dimiliki Apple. Hal-hal inilah yang menjadikan perbedaan dan menyebabkan waktu, kerumitan dan juga harga dari jasa pembuatan aplikasi iOS ini berbeda.