Jasa Pembuatan Aplikasi iOS (Pt.2)

Setelah dalam artikel jasa pembuatan aplikasi iOS yang pertama yang membahas tentang sedikit sejarah Apple kini kita akan masuk pada iOS. Apa itu iOS? iOS merupakan sistem operasi yang diluncurkan oleh Apple khusus untuk iPhone, iPod touch dan juga iPad. Sistem operasi ini cukup berbeda dengan sistem operasi komputer Apple atau yang biasa kita sebut dengan Mac. Mac sendiri menggunakan MacOS sebagai sistem operasinya.

 

 

Pada kesempatan kali ini kita akan mendalami tentang system operasi iOS mulai dari sedikit sejarah perkembangan hingga iOS terbaru. Bahkan nanti kita akan membahas mengenai iOS 12 yang rencananya akan diluncurkan ke publik pada bulan September 2018 nanti. Hal ini tentu saja sangat penting bagi kita yang berencana untuk membuat aplikasi berbasis iOS entah menggunakan jasa pembuatan aplikasi ataupun tidak. Kita perlu memahami hal ini dikarenakan jasa pembuatan aplikasi akan sangat berbeda tergantung daripada platform yang akan kita gunakan nantinya.

Jasa pembuatan aplikasi iPhone OS

iOS pertama kali dikenalkan kepada masyarakat pada tahun 2007 di bulan Januari. Barulah pada bulan Juni di tahun yang sama iOS diluncurkan kepada umum bersamaan dengan iPhone yang pertama. Sebenarnya pada saat awal iOS ini belum mempunyai nama pasti dan para marketing Apple menyebutkan bahwa iPhone berjalan dengan menggunakan Mac OS X. Mac OS X ini merupakan sistem operasi dari desktop keluaran Apple sehingga untuk iPhone dibilang menggunakan Mac OS X yang dibuat khusus untuk iPhone.

Pada perkembangannya iPhone akhirnya memiliki sistem operasi yang diberi nama dengan sebutan iPhone OS. Selain untuk iPhone, iPhone OS versi 1.1 juga digunakan untuk generasi pertama dari iPod touch. Sistem operasi iPhone OS ini terus berkembang secara berkala dari tahun 2007 iPhone OS 1, 2008 iPhone OS 2 dan terakhir pada tahun 2009 iPhone OS 3. Pada tahun 2009 nama iPhone OS terakhir kalinya disebutkan sebelum berganti menjadi iOS pada tahun 2010.

Pada tahun 2010 nama iPhone OS resmi berakhir dan berganti nama dan juga ditingkatkan menjadi iOS 4. Sistem operasi iOS 4 ini diperkenalkan kepada masyarakat bersamaan dengan peluncuran iPhone 4. Sistem operasi ini tidak dapat mendukung iPhone generasi pertama dan juga iPod touch generasi pertama. Untuk iPhone 3G dan juga iPod touch generasi kedua masih dapat menggunakan iOS 4 ini tetapi dengan hasil yang kurang maksimal.

Untuk kita baik pengguna ataupun penyedia jasa pembuatan aplikasi, harus selalu memperhatikan update sistem operasi terbaru. Kompabilitas iOS 4 dengan iPhone dan juga iPod generasi mula-mula merupakan salah satu contoh mengapa kita perlu untuk selalu mengupdate aplikasi mengikuti sistem operasi terbaru. Bayangkan jika produk keluaran Apple tidak berjalan maksimal tanpa didukung oleh sistem operasinya sendiri, apalagi aplikasi dari pihak ketiga. Pastikan kita sebagai pengguna ataupun penyedia jasa pembuatan aplikasi apapun baik android, iPhone dan web sadar akan pentingnya hal ini.

iOS 11

Sistem operasi untuk iPhone yang dapat dinikmati oleh para penggunanya hingga saat ini masih iOS 11. Memang pada pertengah tahun ini, tepatnya pada 4 Juni 2018 Apple telah memperkenalkan sistem operasi terbarunya untuk iPhone, iPad dan juga iPod touch yaitu iOS 12. Tetapi sistem operasi ini belum bisa dinikmati oleh para penggunanya hingga sekitar bulan September nanti. Apple berencana melepas system operasi iOS 12 ke pasaran di bulan September, tetapi kita masih menunggu kepastiannya.

Ketika kita sedang menunggu kemunculan dari iOS 12 ini, ada baiknya kita lebih mengenal iOS 11 yang saat ini sedang kita gunakan. Karena pada iOS 11 ini sudah banyak perubahan yang dilakukan oleh Apple sehingga menawarkan penawaran menarik untuk para penggunanya. Hal yang paling menonjol yang ditawarkan oleh Apple melalui iOS 11 ini terdapat pada perangkat iPad. Ini bisa kita lihat sendiri secara mudah pada website Apple yang menaruh iPad paling pertama pada laman iOS 11.

Hal yang cukup signifikan yang bisa kita lihat adalah kemudahan untuk mengatur setiap file yang ada. Kita bisa mengatur dengan mudah file yang tersedia dalam iPad dan perangkat iOS lainnya serta iCloud berikut aplikasi lainnya seperti Dropbox. Perubahan lainnya yang patut disorot adalah perubahan pada UI terutama pada Dock, kemampuan multitasking dan juga fitur drag and drop. Selain itu hal yang menarik lainnya dapat kita lihat pada Apple Pencil dan kemampuannya berinteraksi dengan perangkat iPad.

Untuk iPhone sendiri terdapat beberapa kemampuan tambahan yang ditawarkan oleh iOS 11 ini. Salah satu yang menarik adalah fitur do not disturb yang bisa merasakan ketika kita sedang menyetir dan menahan semua gangguan. Hal yang menarik dari Apple selain daripada segudang kemampuan lainnya yang ditawarkan adalah kemampuannya didalam AR atau augmented reality. Mereka bahkan mengklaim bahwa iOS adalah platform augmented reality terbesar di dunia. Untuk teknologi AR sendiri akan kita bahas pada kesempatan berikutnya.

iOS 12

Sistem operasi iOS devices yang terbaru yang rencananya akan diluncurkan pada akhir tahun ini sudah tentu iOS 12. Sudah pasti banyak pihak telah menunggu iOS terbaru ini dengan berbagai macam antisipasi dan harapan positif. Apple sendiri telah mengumumkan tentang sistem operasi ini pada bulan juni kemarin pada event tahunan mereka. Mereka sempat mempresentasikan beberapa kemampuan yang ditawarkan oleh iOS teranyar ini dan menarik banyak perhatian public termasuk para penggemarnya.

Ada beberapa hal yang patut kita highlight dari kemampuan yang diberikan oleh sistem operasi terbaru dari Apple ini. Yang pertama tentu saja kemampuannya yang dapat meningkatkan performa dari perangkat iPhone jadul. Hal ini tentu saja menjawab protes yang dilayangkan oleh para penggunanya yang mengatakan tiap update iOS memperlambat kinerja iPhone lama mereka. Yang lebih mengesankannya lagi, iOS 12 ini masih diberikan sampai dengan iPhone 5S, jadi banyak pengguna iPhone jadul bisa menikmatinya.

Hal yang kedua yang menjadi sorotan dalam perubahan yang diberikan oleh iOS 12 ini adalah perubahan pada notifications tray. Jika sebelumnya notifications tray ini menampilkan setiap notifikasi satu persatu dan terkesan berantakan, kini hal itu tidak akan ada lagi. Tampilan ini memang dapat dikatan mirip dengan notifications tray yang terdapat pada sistem operasi android. Tetapi tentu tidak ada salahnya jika mereka melakukan perubahan meskipun mirip tetapi untuk kebaikan para penggunanya juga pada akhirnya.

Kemampuan lain yang ditawarkan oleh iOS 12 yang cukup menarik perhatian adalah kemampuan untuk membatasi penggunaan. Mungkin membatasi penggunaan terdengar tidak menyenangkan bagi kita, kita ingin menggunakan iPhone kita sesuai dengan kehendak kita sendiri. Tetapi hal ini bisa sangat membantu untuk kita yang sudah kecanduan gadget dan segala aplikasi yang tersedia di dalamnya. Kita bisa menyetel batas penggunaan sebuah aplikasi dalam satu hari pada iPhone yang kita miliki. Selain itu iOS 12 ini juga menyediakan data statistik atas setiap aplikasi yang kita gunakan untuk menyadarkan kita.

Update dan Upgrade

Selain daripada kemampuan yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa kemampuan lain yang patut kita lihat. Salah satu kemampuan yang ditawarkan oleh iOS 12 ini adalah peningkatan kemampuan dari FaceTime. FaceTime yang sudah menjadi icon populer dari iPhone ini terus ditingkatkan dari waktu ke waktu. Apple tidak melupakan aplikasi lamanya yang tetap populer meskipun mempunyai banyak pesaing dan malah meningkatkan kemampuannya.

Dalam iOS 12 FaceTime akan memiliki kemampuan untuk melakukan video call secara grup. Grup yang dimaksud disini bukan sekedar grup call yang hanya berisi sebagian orang saja. iOS 12 ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan FaceTime secara beramai-ramai langsung sampai dengan 32 orang sekaligus. Selain dari kemampuannya untuk melakukan FaceTime dengan 32 orang sekaligus kita juga mendapatkan bonus menggunakan memoji pada saat melakukan FaceTime.

Dalam masalah pembaharuan, Apple sudah melakukan banyak hal yang bisa dilakukannya untuk memberikan UX yang terbaik. Pada iOS 12 kali ini kita juga akan menikmati peningkatan yang diberikan oleh Apple kepada para pengguna setianya. Hal ini bisa kita dapati dalam Apple CarPlay, yang akan sangat membantu para penggunanya dalam mengoprasikan sebuah kendaraan. Ada peningkatan yang meskipun terlihat kecil tetapi memberikan efek yang cukup besar bagi para penggunanya.

Hal yang dimaksudkan pada kalimat diatas ialah akhirnya sistem dari Apple CarPlay memungkinkan para penggunanya terhubung dengan Google Maps dan Waze. Sebelumnya para pengguna Apple CarPlay hanya dapat terhubung dengan Apple Maps saja tanpa bisa mengakses aplikasi serupa lainnya. Sekali lagi memang peningkatan ini terlihat kecil dan tidak begitu penting, tetapi dibaliknya memberikan dampak yang cukup besar. Hal ini dikarekan oleh banyaknya pengguna yang sebenarnya lebih memilih untuk menggunakan Google Maps atau juga Waze tetapi tidak bisa. Jadi lewat iOS 12 ini para pengguna bisa mengakses Google Maps dan Waze saat terhubung dengan CarPlay untuk sistem navigasinya.

Kesimpulan

Ada dua kesimpulan yang bisa kita tarik dari sejarah perkembangan iOS dari masa ke masa. Hal ini akan cukup bermanfaat bagi kita yang ingin menggunakan ataupun menyediakan jasa pembuatan aplikasi iOS. Meskipun pada dasarnya kesimpulan ini merupakan hal yang umum yang dapat diterapkan juga pada hal jasa pembuatan aplikasi lainnya. Jadi apapun rencana kita dalam hal jasa pembuatan aplikasi manapun, ada baiknya jika kita memperhatikan beberapa hal berikut.

Hal yang pertama adalah kemampuan dan keinginan mereka untuk terus berinovasi. Bisa kita lihat Apple terus melakukan inovasi dari masa ke masa lewat iOSnya. Hal ini bisa kita terapkan dalam pembuatan sebuah aplikasi yang kita inginkan. Kita perlu terus melakukan inovasi untuk aplikasi kita secara berkala.

Hal yang kedua yang tidak kalah pentingnya adalah masalah UX atau user experience. Apple terus meningkatkan kemampuan produknya tidak hanya dari sisi developer saja tetapi juga dari sisi pengguna. Mereka bahkan berani mengambil langkah cukup ekstrim jika hal ini berkaitan dengan para penggunanya. Jadi teruslah berkembang melakukan inovasi dengan mengedepankan pengguna sebagai tujuan utama kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *