Jasa Pembuatan Aplikasi Web (Pt.1)

Jasa pembuatan aplikasi website sebenarnya sudah lama ada dan berkembang cukup pesat seiring dengan perkembangan jaman. Meski demikian tidak sedikit orang yang cukup familiar dengan jasa pembuatan aplikasi web ini. Bahkan sebagian dari mereka lebih akrab dengan jasa pembuatan aplikasi mobile seperti android ataupun iOS. Jasa pembuatan website. Padahal dapat dikatakan jika aplikasi web ini merupakan pendahulu para aplikasi mobile manapun yang ada sekarang.

 

 

Aplikasi web sudah lama ada, bahkan ada sumber yang mengatakan aplikasi web ini sudah ada sebelum web itu sendiri populer. Banyak aplikasi web yang sebenarnya kita gunakan tanpa kita menyadari bahwa itu merupakan sebuah aplikasi web. Jika dideskripsikan dengan mudah aplikasi web adalah sebuah program komputer yang menggunakan teknologi web internet untuk menjalankan sebuah fungsi. Fungsi yang dapat dijalakan juga cukup beragam dan bertambah banyak dengan pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini.

Sebelum masuk ke dalam jasa pembuatan aplikasi web

Sebelum kita masuk lebih dalam pada jasa pembuatan aplikasi web ini, pertama-tama kita harus mengerti terlebih dahulu tentang aplikasi web. Seperti yang tadi sudah dijelaskan di atas bahwa aplikasi web adalah sebuah program yang menjalankan sebuah fungsi lewat sebuah web. Jadi aplikasi ini dapat kita gunakan jika kita terhubung dengan internet, jika tanpa itu maka aplikasi web tidak dapat dijalankan. Hal ini tentu saja berbeda dengan aplikasi lainnya yang bersifat offline yang dapat berjalan tanpa adanya koneksi internet sekalipun.

Cara kerja aplikasi web ini juga sangat simpel dan dapat dengan mudah kita mengerti. Untuk memahaminya kita harus terlebih dahulu familiar dengan istilah yang digunakan didalamnya. Salah satu istilah penting yang digunakan adalah client atau client-server. Istilah lainnya yang tidak kalah penting dalam aplikasi web sudah tentu adalah database-server.

Client atau client-server adalah adalah sebuah program yang digunakan oleh kita untuk kita dapat memakai sebuah aplikasi web. Sedangkan database-server sesuai namanya merupakan tempat penyimpanan segala macam data yang berhubungan dengan aplikasi yang akan kita jalankan. Biasanya untuk database-server dibuat menggunakan PHP dan ASP untuk memproses informasi yang ada seperti penyimpanan dan juga pengeluaran data. Sedangkan untuk bagian client-server biasanya dibuat menggunakan JavaScript dan HTML untuk menampilkan informasi atau data bagi pengguna aplikasi.

Proses terjadinya berjalannya sebuah aplikasi web ini cukup simpel seperti yang sudah disebutkan diatas. Pertama saat pengguna menjalankan aplikasi maka client akan meminta data pada data base melalui internet. Selanjutnya permintaan akan masuk kedalam web server yang akan memproses dan melanjutkannya kedalam web application server. Dari situ baru permintaan sampai pada database-server, kemudian permintaan akan diproses dan dikirim kepada client melalui jalur yang sama.

Contoh aplikasi web

Sebenarnya sudah banyak sekali aplikasi web yang tersedia dalam jutaan website yang ada di dunia ini. Bahkan sebagian dari kita mungkin saat ini sedang menggunakannya tanpa kita sadari. Contoh paling sederhana dan bisa dibilang mula-mula dari aplikasi web ini adalah email atau yang kita sebut surat elektronik. Email yang sudah ada dan kita gunakan sejak dahulu sebenarnya sebuah aplikasi web yang sudah lama ada dan cukup populer.

Contoh aplikasi web lainnya yang mungkin sering kita gunakan tanpa sadar bahwa itu adalah sebuah aplikasi web adalah shopping chart. Dengan menjamurnya e-commerce atau toko online, shopping chart tentu bukan merupakan hal yang asing bagi kita semua. Biasanya ketika kita akan membeli sebuah barang dalam platform e-commerce maka akan tersedia pilihan masukan kedalam keranjang belanja. Kita bisa meminta penyedia jasa pembuatan aplikasi web untuk membuatkan program shopping chart ini untuk toko online kita.

Aplikasi web lainya yang sekarang ini cukup populer terutama dikalangan pembisnis dan mahasiswa adalah word processor. Word processor sebenarnya merupakan aplikasi offline yang kemudian menjadi online dikarenakan perkembangan jaman yang semakin menuntut banyak hal. Kita dituntut untuk lebih cepat dan efektif dalam segala hal termasuk dalam urusan yang berhubungan dengan kata-kata. Minimnya tempat penyimpanan dalam drive komputer kita juga merupakan pemicu dari adanya aplikasi web word processor ini.

Salah satu program word processor yang cukup terkenal adalah Microsoft word, yang pada mulanya adalah sebuah program offline. Tetapi sekarang sudah tersedia versi onlinenya yang memungkinkan kita mengerjakan suatu file word secara bersamaan dengan rekan kita. Aplikasi word processor lainnya yang cukup terkenal adalah google docs yang sangat praktis bisa kita akses dari mana saja. Google docs ini juga tersimpan langsung pada google drive kita yang bisa langsung kita akses selama kita terkoneksi dengan internet.

Keuntungan dari aplikasi web

Jika kita berbicara soal keuntungan yang diberikan oleh aplikasi web ini, maka beberapa keuntungan akan mirip dengan keuntungan hybrid apps. Keuntungan yang ditawarkan oleh aplikasi mobile hybrid seperti yang bisa kita lihat dalam artikel Jasa Pembuatan Aplikasi Android Indonesia. Kita bisa melihat bagian yang membahas tentang aplikasi mobile hybrid dan juga native dengan segala kelebihan dan juga kekurangannya.

Keuntungan dari aplikasi web ini yang pertama dan sangat signifikan adalah kemampuannya yang dapat diakses dari manapun. Aplikasi web ini tentu saja akan dapat dijalankan selama device kita dapat membuka browser dan terhubung dengan internet. Jadi tidak akan ada masalah jika kita mengaksesnya dari laptop, android, iOS, tablet dan juga PC. Satu hal yang kita perlu perhatikan adalah masalah kompabiliti browser dengan aplikasi web yang ada. Biasanya aplikasi web yang dibuat oleh penyedia jasa pembuatan aplikasi akan kompatibel dengan web browser besar seperti chrome, Mozilla dan sebagainya.

Masih berhubungan dengan kompabilitas, keuntungan lainnya yang dimiliki oleh aplikasi web adalah samanya versi yang dipakai. Jadi setiap pengguna, baik dari PC, android, iOS pun akan menggunakan aplikasi web dengan versi yang sama. Hal ini tentu saja mengurangi masalah kompabiliti antara device jikalau pengguna menggunakan aplikasi dari berbagai macam device.

Keuntungan lainnya yang ditawarkan oleh aplikasi web ini tentu saja berhubungan dengan masalah penyimpanan. Seperti contoh sederhana diatas tentang bagaimana google docs disimpan dalam google drive sehingga tidak memakan tempat di dalam drive komputer. Aplikasi web biasanya memang tidak terinstal pada hard drive sehingga memberikan ruang lebih untuk para penggunanya. Semua data aplikasi tersimpan langsung pada server dan bisa diakses oleh pengguna aplikasi ketika mereka menggunakannya lewat internet.

Biaya untuk aplikasi web

Untuk urusan biaya, aplikasi web ini juga memberikan kita keunggulan dengan biaya yang lebih murah dari berbagai sisi. Dari sisi bagian developer, aplikasi web memiliki biaya maintenance yang lebih murah karena tenaga yang diperlukan juga lebih sedikit. Jika dari bagian developer biaya yang dibutuhkan lebih murah, maka secara otomatis biaya untuk pengguna juga akan lebih murah. Bisa dibilang aplikasi ini merupakan sebuah program win-win solution baik untuk pengembang maupun penggunanya.

Untuk sebagian developer program yang termasuk dalam kategori SaaS atau yang dikenal software as a service juga mendapatkan keuntungan lainnya. Jika program yang kita kembangkan adalah merupakan aplikasi web dengan dasar SaaS maka kecil kemungkinan pembajakan akan atau bisa terjadi. Lain halnya dengan program yang dijual kepasaran secara langsung dan penuh ataupun program offline yang bisa dibajak dengan lebih mudah. Hal ini tentu berdampak pada kestabilan harga aplikasi karena para developer dapat menjaga aplikasinya dari pembajakan yang dapat menurunkan harga.

Alasan orang memilih aplikasi web

Sebenarnya ada banyak alasan mengapa orang memilih aplikasi web ini ketimbang yang lainnya dan alasan dari setiap orang cukup beragam. Selain tentu saja karena keuntungan yang ditawarkan oleh aplikasi web, masih ada alasan lainnya mengapa orang lebih memilih aplikasi web. Salah satu alasannya adalah masalah keamanan, bagi sebagian orang jaringan web yang secure lebih baik dibandingkan dengan aplikasi yang terinstal. Memang pada dasarnya masalah keamanan ini kembali lagi kepada para developer masing-masing tentang bagaimana mereka menyediakan keamanan untuk para penggunanya.

Disamping masalah keamanan, salah satu alasan lainnya yang menjadikan orang memilih aplikasi web adalah masalah koneksi internet. Cukup banyak dari aplikasi terinstal yang ada sekarang juga membutuhkan koneksi internet untuk dapat menjalankan aplikasi tersebut. Jika dilihat dari sisi pengguna maupun developer hal ini tentu saja tidak efektif dari berbagai sisi. Baik pengguna dan terutama developer memilih aplikasi web yang sudah jelas lebih murah jika keduanya sama-sama membutuhkan internet untuk beroperasi.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa kita tarik dari pembahasan diatas sebenarnya cukup sederhana. Kita dapat menyimpulkan bahwa aplikasi web sudah ada sejak dahulu dan masih akan terus berkembang. Perkembangannya pun akan terus mengikuti jaman selama internet masih digunakan oleh masyarakat luas.

Pemakaian dari aplikasi web ini juga sangat luas dan sangat beragam dari berbagai bidang yang ada. Penggunaan paling sederhana dan yang sudah ada sejak dulu adalah email atau pesan elektronik yang masih digunakan hinga sekarang. Bahkan email masih terus berkembang dan diperluas penggunaannya dari waktu ke waktu seperti untuk verifikasi ID dan lain sebagainya. Penggunaan lainnya yang sedang populer tentu saja dengan yang berhubungan dengan e-commerce atau toko online. Disamping itu kegunaannya dalam bidang bisnis dan juga edukasi sudah sangat membantu banyak orang.

Jadi tidak ada salahnya jika kita ingin mencoba membuat sebuah aplikasi web untuk kita gunakan dalam berbagai keperluan. Karena aplikasi web ini akan terus berkembang mengikuti perkembangan jaman dari waktu ke waktu. Tinggal kita mencari atau bahkan menjadi penyedia jasa pembuatan aplikasi web tersebut yang tidak hanya bisa membuat tetapi sekaligus mengupdate. Untuk kita yang mencari jasa pembuatan aplikasi web ini sebenarnya kita bisa menemukan banyak sekali penyedia jasa tersebut. Hanya saja sekali lagi kita perlu menemukan orang atau perusahaan yang memang sudah terjamin dan dapat menjawab setiap kebutuhan kita.