Artikel ini masih membahas tentang Odoo Indonesia dalam dunia bisnis. Melanjutkan dari artikel sebelumnya Odoo Indonesia dalam dunia bisnis (Pt.2). Dalam artikel ini kita akan membahas tentang modul yang ada di dalam Odoo. Beberapa modul Odoo yang populer akan kita bahas dan diharapkan kita bisa lebih mengerti tentang penggunan Odoo ini.
Odoo POS Retail Management
Modul pertama dari Odoo yang akan kita bahas adalah POS retail management. Jika kita masuk ke website Odoo dan melihat ke dalam page mengenai modul di situ kita akan menemukan modul ini. Modul ini adalah salah satu modul yang teratas diantara modul-modul lainnya yang tersedia dalam Odoo.
POS retail management ini adalah modul yang dikembangkan oleh TL Technology. Sampai saat ini modul yang tersedia sudah mencapai versi 11.0 dan modul ini juga tersedia untuk Odoo versi 10.0. Modul ini dapat dibeli dengan harga 350.00 Euro atau jika kita rupiahkan menjadi sekitar Rp 5.850.000,00.
Dengan harga hampir enam juta rupiah, apa saja manfaat yang akan kita dapatkan jika kita membeli modul ini?
- Modul yang sangat besar dan sangat mendukung Point of Sale (POS)
- Mendukung data-data produk, rekanan kerja, invoices
- Tidak perlu membeli modul lain dari pengembang lain, cukup satu modul all in one ini
- Hanya memerlukan satu kali instalasi, satu kali pembayaran dan dapat digunakan selamanya untuk berbagai macam perangkat, sistem, maupun databases
- Gratis selalu untuk mendapatkan versi terbaru (tidak termasuk perpindahan database)
- Tersedia layanan bantuan 24/7 untuk membantu menangani masalah dan juga bugs
- Gratis selalu untuk meminta memasukan feature baru untuk meningkatkan kualitas
- Gratis selalu untuk mencampurkan ide atau modul lokal ke dalam modul ini
Inilah hal-hal yang bisa kita dapatkan dengan membeli modul POS retail management ini. Cukup menarik karenan mereka mengklaim bahwa modul ini adalah modul all in one. Bisa diartikan bahwa mereka cukup yakin dengan kelengkapan modulnya untuk mendukung setiap bagian dalam POS retail management.
Fungsi utama dari POS Retail Management
Setelah tadi kita melihat berbagai keuntungan yang kita dapat dari modul ini, sekarang mari kita lihat fungsi utamanya. Tentu saja kita berharap bahwa modul ini benar-benar modul all in one. Berikut merupakan fungsi utama POS retai management:
- Melacak setiap hal yang terjadi dalam setiap sesi POS
- Laporan harian dari jumlah penjualan per hari atau juga per bulan
- Z-report oleh kasir lewat input data
- Secara cepat menambahkan data rekanan kerja, produk dan juga catatan pembayaran
- Memberi saran kepada kasir tentang produk yang paling banyak dicari
- Mengarahkan login Odoo kasir atau pramusaji langsung ke halaman POS
- Catatan untuk pemesanan
- Catatan daftar urutan pemesan
- Memperlihatkan potongan harga dalam daftar urutan pemesanan
- Kasir bisa melihat atau mencetak bon tanpa pembayaran
- Membuat daftar pembelian (Purchase Order/PO) dalam halaman POS
- Mensinkronisasikan pesanan, booking, atau pesan antar dari situs e-commerce ke dalam POS
- Menciptakan perpindahan internal antara stok barang dari berbagai lokasi
- Kasir dan pramusaji dapat membuka atau mengunci halaman POS ketika meninggalkan toko tanpa perlu membawa perangkatnya
- Memungkinkan pelanggan untuk membayar dulu sebagian dan sisanya dapat dibayarkan dalam kunjungan berikutnya
- Memungkinkan admin POS untuk membatasi diskon yang bisa diberikan oleh kasir
- Kasir bisa menerima berbagai macam mata uang untuk pembayaran
- Menyambungkan POS bagian pesanan dengan bagian produksi, sehingga dapat otomatis memproduksi produk ketika sudah mulai habis
- Memungkinkan pemberian kartu voucer kepada pelanggan dan mendektesinya
- Memungkinkan pelanggan menggunakan kartu kredit
- Memberikan pelanggan wallet card untuk mencatat setiap transaksi dan balance yang tersedia
- Product screen operation, memungkinkan admin atau kasir membuat produk baru
- Memungkinkan admin untuk membuat program diskon secara global atau lokal
- Program Loyalty/Reward yang bisa diatur oleh admin
- Sinkronisasi halaman POS dengan semua sesi yang berlangsung
- Produk dapat dijual dalam paket
- Produk dapat tersedia dalam berbagai macam kategori POS
- Program Promosi untuk pelanggan yang dapat diatur
Lanjutan fungsi POS Retail Management
Dari banyaknya fungsi di atas, bisa kita lihat bahwa modul ini merupakan modul yang luar biasa. Memang tidak berlebihan jika modul ini mengklaim dirinya sebagai all in one. Modul ini memiliki banyak sekali fungsi dan fungsi-fungsi lainnya dapat kita lihat adalah:
- Auto complete filter ketika mencari sesi POS dalam kotak pencarian
- Memungkinkan admin untuk mengatur para POS client
- Sinkronisasi secara real time antara back end Odoo dengan POS (ketika Odoo merubah data pelanggan, produk, daftar harga, dll, POS juga akan merubahnya secara langsung)
- Memungkinkan pelanggan atau kasir memasukan tanda tangan dalam bon
- Memungkinkan sesi POS untuk mengembalikan barang dengan melalui scanner atau secara manual
- Admin dapat mendeskripsikan produk dan melakukan cross selling dalam satu produk
- Validasi, hapus, edit, menutup sesi, menghilangkan dan menambahkan pesanan dalam halaman POS
- Memungkinkan kasir untuk men-save pesanan dan kemudian membukanya kembali
- Data besar mendukung 5 bagian: produk, pelanggan, daftar harga, bon, dan pesanan
- Data besar yang membereskan masalah lamanya waktu untuk memuat sesi POS dalam halaman POS
- Invoices screen management, membantu anda mengatur bon, pembayaran, menambahkan catatan kredit…
- Menunjukan nomer bon, tin, informasi pelanggan dalam bon
- POS order management
- Mencetak ulang bon dari pesanan yang lalu
- Memungkinkan pengembalian pesanan (barang) dan mencatatnya kedalam kartu kredit untuk digunakan kemudian
- Kantor belakang membuat pesanan dan ditugaskan kepada toko
- Harga jual termasuk pajak atau tidak
POS Retail Management all in one
Sesuai dengan yang diklaim oleh pengembangnya, modul Odoo ini memang all in one. Tidak diragukan lagi kemampuannya dalam membantu mengelola POS dari bisnis retail. Bisa kita lihat dari komplitnya program yang ada dalam mendukung bisnis retail terutama untuk retail restaurant.
Terlepas dari program yang dipakai, apakah modul dari Odoo atau bukan, sudah banyak tempat yang menggunakan program serupa. Mungkin untuk sebagian kita tidak asing dengan beberapa fungsi yang disediakan oleh modul ini. Jika kita pergi ke beberapa toko, café atau restaurant kita bisa menemukan beberapa fungsi tersebut. Ini bisa jadi pertimbangan kita tentang fungsi Odoo dalam dunia bisnis, terutama Odoo Indonesia.
Odoo Real Multi Website
Dalam 2 artikel sebelumnya (Odoo Indonesia dalam dunia bisnis) disebutkan bahwa Odoo memiliki sangat banyak modul. Sesuai juga dengan pembuka artikel ini yang menyatakan bahwa kita akan membahas beberapa modul Odoo yang populer. Setelah tadi kita membahas salah satu modul Odoo yaitu POS retail management, sekarang kita akan membahas salah satu modul lainnya yaitu real multi website.
Real multi website adalah modul yang dikembangkan oleh IT-Projects LLC, Ivan Yelizariev, Nicolas JEUDY. Sama seperti dengan POS retail management, real multi website juga telah berkembang untuk versi 11.0 dan juga tersedia untuk versi 10.0. Harga yang ditawarkan untuk modul ini memang lebih mahal daripada POS retail management yaitu 440.00 euro atau sekitar Rp 7.340.000,00.
Sesuai dengan namanya, real multi website ini merupakan modul untuk mengatur beberapa website sekaligus. Mereka melihat peluang di mana banyak pembisnis e-commerce memerlukan program semacam ini. Modul ini memungkinkan kita untuk membuat beberapa situs dalam satu database dan juga memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda dari perusahaan yang berbeda pula. Mereka juga berharap modul ini dapat membantu para pembisnis e-commerce yang harus memesan dari beberapa perusahaan sekaligus.
Fungsi utama dari Real Multi Website
Modul Odoo yang ditujukan lebih kepada e-commerce ini memiliki beberapa fungsi. Fungsi yang dimulai dari pembuatan situs, pengaturan sampai kepada pembayaran disediakan oleh modul ini. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari real multi website:
- Berbagai macam situs dalam satu database
- Mudah untuk menambahkan beberapa situs baru
- Mudah dalam membuat menu untuk situs yang ada
- Menggunakan desain yang berbeda (themes) dalam setiap situs
- Multi e-commerce
- Multi payment ( pembayaran yang berbeda untuk setiap perusahaan)
- Cocok dengan multi-company
- Menggunakan domain mana saja untuk situs-situs (bukan hanya menggunakan sub-domain)
Bisa dilihat, bahkan mereka dengan jelas menulis multi e-commerce sebagai fungsi utamanya. Memang modul ini bisa digunakan juga untuk fungsi yang lainnya, tetapi alangkah baiknya jika kita memaksimalkan fungsi utamanya. Mereka juga menyatakan kalau modul ini adalah untuk mendukung feature Odoo yang kurang lengkap dan tidak terdukung. Feature ini adalah feature untuk berganti dari satu situs ke situs lainnya dengan menuliskan nama hostnya.
Mereka juga menyediakan free support untuk para penggunanya jika menemukan masalah. Selain itu mereka menyadiakan juga live demonstration yang dapat diakses melalui halaman website Odoo bagian modul ini. Untuk versi 11.0, modul ini telah teruji dalam Odoo 11.0 Community dan juga Odoo 11.0 Enterprise.
Penggunaan modul Odoo untuk Odoo Indonesia
Penggunaan modul ini sebenarnya tidak terbatas hanya untuk perusahaan luar saja. Odoo sendiri sudah cukup berkembang pesat di Indonesia. Sudah mulai banyak perusahaan yang menggunakan Odoo dengan berbagai macam modul yang tersedia.
Pada dasarnya kebutuhan perusahaan di dunia ini adalah serupa tergantung dari jenis usahanya. Perusahaan retail restaurant di Amerika memiliki kebutuhan yang hampir sama dengan perusahaan retail restaurant di Indonesia. Apalagi kalau kita berbicara mengenai e-commerce dan situs yang pada dasarnya sudah mendunia. Karena pada dasarnya situs itu dibuat untuk menyambungkan para individu dari berbagai macam belahan dunia.
Yang sekarang dibutuhkan adalah bagaimana cara mengimplementasikan modul-modul yang ada ke dalam bisnis kita. Tentu saja dibutuhkan penyesuaikan dalam setiap implementasinya. Penyesuaian ini ditujukan untuk meng-cover setiap keunikan bisnis yang ada.
Jadi pastikan kita memilih orang yang tepat untuk mengimplementasikan modul-modul kedalam bisnis kita. Pastikan bahwa orang tersebut handal dibidangnya dan juga mengerti setiap kebutuhan dari bisnis yang kita jalankan. Dan terakhir kita juga harus memastikan bahwa ada maintenance berkala entah itu dari orang IT kita atau perusahaan IT yang bekerja sama dengan kita. Hal ini untuk memastikan bahwa investasi kita terus berjalan dengan baik dan lancar.