Odoo Indonesia dalam dunia bisnis (Pt.4)

Masih lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai Odoo, dalam artikel Odoo Indonesia dalam dunia bisnis (Pt.4) ini kita akan membahas kemampuan lain dari Odoo. Mungkin sebagian kita akan bertanya-tanya apa lagi yang dapat dibuat melalui Odoo. Memang sebagai salah satu perusahaan penyedia software terkemuka di dunia, masih banyak hal yang dapat digali dari Odoo ini.

 

 

Pada dasarnya kemampuan yang dimiliki oleh Odoo dibagi kedalam empat kategori besar. Kategori tersebut adalah websites, sales, operations, dan productivity tools. Yang selama ini kita bahas dalam artikel sebelumnya merupakan bagian dari operations. Bagian dari operations ini sangat mengedepankan efisiensi dari suatu bagian perusahaan. Bisa dilihat dari artikel-artikel sebelumnya yang membahas tentang bagaimana Odoo bisa meningkatkan efisiensi dalam kaitannya sebagai software ERP.

Kategori lainnya terpisah dari operations adalah websites, sales dan productivity tools. Websites adalah kategori yang berfokus pada pengembangan website dengan mengedepankan UX atau user experience sebagai tujuan utamanya. Sedangkan sales, sesuai dengan namanya, kategori ini berpusat untuk mengembangkan penjualan dengan meningkatkan rata-rata keberhasilan penjualan. Yang terakhir adalah productivity tools yang bertujuan memberikan tools atau alat terbaik dalam bisnis untuk membantu para pengguna dengan memudahkannya.

Dalam artikel kali ini kita akan lebih berfokus pada Odoo sebagai platform dalam pembuatan websites. Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh Odoo dan bagaimana websites ini dapat mempengaruhi bisnis kita. Kita juga akan melihat bagaimana mereka dapat menyediakan UX yang baik sebagaimana yang mereka bilang dalam website mereka.

Odoo Website Builder

“Your Enterprise Website Builder” inilah yang akan kita temui pertama kali dalam laman Odoo website builder. Mereka menuliskan bahwa Odoo adalah pembuat website untuk bisnis anda. Untuk mendukung pernyataan mereka juga menyertakan “Easy.Mobile.Open Source.”. Bisa kita simpulkan bahwa mereka cukup mengikuti perkembangan jaman dimana orang-orang sudah sangat mengedepankan kemudahan lewat telefon genggam mereka.

Sejalan dengan apa yang mereka bilang mengenai kemudahan dalam pembuatan website, banyak features yang mendukung hal ini. Yang pertama adalah kita tidak perlu memusingkan diri kita sendiri dengan banyaknya kode-kode seperti yang terdapat dalam pembuatan website konvensional. Kita hanya perlu melakukan drag and drop semua feature-feature bisnis yang kita inginkan di dalamnya. Beberapa features yang bisa kita masukan antara lain jobs, e-commerce, customer portal, events, company blog, call to action, newsletter, dan lain sebagainya.

Kelengkapan lainnya yang juga disediakan oleh Odoo dalam pembuatan website adalah tools yang dapat digunakan untuk branding. Branding tentu saja menjadi hal yang sangat penting untuk sebuah bisnis, hal ini adalah untuk membuat kita berbeda dari para pesaing kita. Kita dapat dengan mudah membuat website yang sesuai dengan brand image kita dan juga menyesuaikan gaya yang mendukung branding yang sedang kita lakukan.

Dukungan lebih untuk website kita

Jaman sekarang jika website kita tidak muncul pada laman pertama pencarian google bisa diartikan bahwa website kita itu tidak ada. Hal ini bukannya berlebihan jika dilihat dari banyaknya orang yang tidak ingin membuang waktu dengan melihat berbagai laman pencarian. Odoo sadar akan hal ini maka dari itu dalam website buildernya ia juga memiliki tools untuk SEO dan lainnya. Hal ini diberikan dengan tujuan supaya website kita dapat muncul dalam laman pertama pencarian google.

Selain fokusnya untuk membantu menarik tingkat website kita, Odoo juga menyediakan tools untuk membantu penjualan kita. Tools ini sebenarnya ada dibagian kategori sales yang bisa dihubungkan juga kedalam website yang kita buat menggunakan Odoo. Tentu saja dalam hal ini kita tidak perlu terlalu memusingkannya juga dengan adanya feature drag and drop.

SEO dari Odoo website builder ini juga terintegrasi sehingga secara langsung dengan google. Hal ini memungkinkan google menganalisa isi website kita secara real time. Kita pun tidak perlu memikirkan tentang technical 301 redirects, page speed, google schemas, twitter cards, sitemaps dan lain sebagainya. Semuanya telah diatur secara otomatis dengan tujuan untuk memaksimalkan setiap website yang ada.

Kita juga dapat lebih memaksimalkan website kita dengan ratusan apps yang ada. Untuk bagian sale online contoh beberapa apps yang tersedia meliputi e-commerce, ebay, event tickets. Dalam bagian content management terdapat blogs, presentation, forums dan Q&A. Full marketing stack apps seperti lead acquisition, lead tracking, live chat, dan mass mailing. Contoh terakhir adalah dalam bagian link business feature seperti recruitments dan helpdesk.

Odoo E-commerce

Menjawab kebutuhan banyak orang tentang platform e-commerce, Odoo juga menyediakan program untuk membuat toko online tersebut. Masih mendukung kemudahan yang tersedia untuk para penggunanya, feature mobile friendly pun ditambahkan. Karena tidak dapat dipungkiri sekarang hampir setiap orang menggunakan handphonenya sebagai alat transaksi tidak terkecuali untuk urusan belanja.

Membuat laman untuk produk kita dapat dilakukan dengan mudah. Kita bisa menonjolkan setiap keunikan yang ada dengan mudah menggunakan feature drag and drop. Sesuai dengan tujuannya yaitu meningkatkan UX, maka kita juga difasilitasi dalam menyusun setiap produk yang kita tawarkan. Mulai dari warna, ukuran, sampai dengan keterangan produk dapat kita susun sesuai selera.

Platform e-commerce yang terintegrasi ini juga memudahkan kita untuk mengecek inventaris dan juga laporan penjualan. Mereka juga menyediakan customer portal untuk mendata setiap data customer dan pesanannya. Pelanggan dapat dengan mudah melacak setiap pesanan mereka. Sistem ini juga mendukung para pelanggan untuk mengunduh invoices diluar dari mengecek setiap pesanan dari satu tempat.

Untuk urusan marketing yang tidak kalah penting juga sudah diperhatikan. Kita bisa melakukan cross selling dan upselling pada laman produk, keranjang atau bahkan pasa saat check out. Semuanya dilakukan secara otomatis, sistem akan menampilkan produk yang sesuai atau berhubungan dengan produk yang sedang dibeli. Hal ini memungkinkan untuk setiap pelanggan kita mengetahui produk apa saja yang kita jual.

Urusan pembayaran pun sudah terintegrasi dengan beberapa perusahaan pembayaran terkemuka di dunia seperti Paypal contohnya. Begitu juga dengan bagian pengiriman yang sudah langsung bisa terhubung dengan beberapa perusahaan pengiriman barang seperti UPS dan Fedex. Terakhir untuk urusan branding, mereka juga menyediakan banyak sekali tema yang dapat disesuaikan dan dapat kita pilih. Tema-tema ini tentu saja untuk menonjolkan setiap keunikan dan tetap terlihat profesional dari setiap bisnis yang kita kelola.

Odoo Blogs

Tidak melulu untuk tujuan langsung berbisnis, kita juga bisa menciptakan blog melalui Odoo. Blog ini tersedia secara gratis dan selamanya dapat digunakan. Mungkin banyak orang yang ingin mencoba menulis blog tapi terhalang oleh banyaknya hal teknis yang harus dipelajari lebih dahulu. Sekarang semuanya menjadi lebih mudah karena kita hanya tinggal menulis tanpa perlu memikirkan bagian back end blog tersebut.

Masih mengedepankan fungsi drag and drop yang bisa dengan praktis dan mudah digunakan untuk kenyamanan kita. Blog yang kita kerjakan juga langsung sudah menjadi mobile friendly. Sekali lagi karena di jaman sekarang ini sangant banyak orang yang menggunakan telefon genggam untuk segala aktifitasnya, termasuk membaca blog.

Mengikuti perkembangan jaman juga, blog kita harus terhubung dengan berbagai media sosial yang ada. Kita bisa langsung membagikan isi blog kita dengan teman kita yang terhubung melalui twitter, facebook, linkedin, google+, dan lain sebagainya. Hal ini merupakan langkah untuk mengoptimalkan blog yang kita tulis agar lebih mudah terlihat oleh banyak orang di luar sana.

Selain pentingnya sebuah blog yang mobile friendly, tentu saja masih ada platform lain yang perlu kita perhatikan. Blog yang kita buat menggunakan Odoo juga dapat terlihat dengan baik dengan menggunakan desktop maupun tablet. Selain itu juga tersedia banyak pilihan template yang bisa kita gunakan. Kita tinggal memilih salah satu template yang ingin kita pakai, lakukan sedikit pengaturan dan mulai masukan isinya.

Kalau kita bertujuan untuk menggunakan blog sebagai sarana bisnis, Odoo menyediakan apps untuk mempermudah kita mendapatkan email dari para pembaca. The smart newsletter registration popup inilah yang akan membantu kita mendapatkan email para pembaca kita. Popup ini akan muncul saat mereka akan meninggalkan laman sebelumnya. Tentu saja kita yang bergerak di bidang bisnis sangat mengetahui betapa berharganya daftar email dari para pembaca kita.

Odoo Forum, Slides dan Live Chat

Tiga bagian dari kategori websites ini juga tidak kalah penting dari bagian-bagian sebelumnya. Untuk forum tentu saja salah satu platform populer yang dapat kita buat. Forum ini memungkinkan kita bertanya jawab dengan orang lain dan juga mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang sudah ditanyakan sebelumnya. Kita juga bisa mengetahui topik apa yang sedang populer dan topik mana yang paling banyak disukai. Tentu saja kemudahan yang menjadi nilai jual juga disematkan dengan adanya tool untuk mendokumentasikan jawaban yang terbaik dari setiap pertanyaan. Tool ini bisa menyimpan jawaban yang kita inginkan dengan hanya satu klik saja.

Slides menggabungkan keunikan yang dimiliki oleh Youtube dan Slideshare dalam website yang kita punya. Kita tidak perlu memusingkan arsip-arsip dan host yang disediakan oleh pihak ketiga. Semuanya sudah tergabung jadi satu dalam Odoo Slides, jadi kita tinggal memilih untuk membagikannya untuk umum atau secara privat untuk grup tertentu saja. Kita juga bisa dengan mudah menghubungkan konten dengan media sosial atau website lainnya selain dengan website kita sendiri.

Live Chat dibuat khusus untuk kita bisa berinteraksi secara langsung dengan para pengunjung website yang kita miliki. Selain itu kita juga bisa memberikan bantuan secara langsung atau real time kepada para pelanggan kita. Untuk bisa melakukan hal ini kita tidak memerlukan server khusus, semua dapat dilakukan melalui website kita.

Dalam melakukan live chat kita juga dapat menyaring audience kita sesuai dengan negaranya sehingga kita bisa memberikan balasan yang tepat. Tentu saja untuk memudahkan kita, kita juga dapat mengakses live chat ini sambal mengakses modul lainnya. Hal ini untuk memudahkan kita dalam menjawab setiap pertanyaan sesuai dengan modul yang tersedia. Bahkan untuk lebih mempermudah, kita juga bisa membuat short cut untuk setiap jawaban yang sudah disiapkan sebelumnya.

Tujuan utama Odoo website builder

Tujuan utama dari website builder ini sudah jelas untuk mempermudah kita dalam melakukan kegiatan terutama bisnis secara online. Dimulai dari pembuatan website yang praktis, kemudian dilanjutkan dengan bagian untuk e-commerce dan tidak lupa juga blog. Semuanya ini juga didukung oleh forum, slides dan live chat untuk memastikan kita memberikan yang terbaik. Kami harap dengan artikel ini anda dapat mempertimbangkan untuk membuat website untuk keperluan anda terutama untuk bisnis. Berbisnis secara online merupakan sebuah trend baru dan akan terus berkembang kedepannya. Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai bisnis online dapat anda lihat di “Online store a game changer in business” dan “Online store as good investment (Pt.1)”.