Odoo Indonesia dalam dunia bisnis (Pt.5)

Setelah dalam artikel sebelumnya kita membahas beberapa kemampuan yang dimiliki oleh Odoo untuk bisnis lewat pembuatan website dan operations. Pada artikel kali ini kita akan membahas kemampuan lainnya diluar pembuatan website dan operations, yaitu sales. Seperti yang terlihat dari namanya, kemampuan ini cukup dikhususkan untuk membantu kita dalam hal bisnis. Kemampuan sales ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa Odoo Indonesia menjadi cukup populer dikalangan para pembisnis.

 

Odoo Sales

Di jaman yang serba online ini semua hal menjadi sangat praktis, tidak terkecuali untuk urusan bayar membayar. Odoo ada untuk membantu mempermudah transaksi anda secara online lewat Odoo sales ini. Odoo sales dapat membantu anda membuat quotation (tagihan) secara online dan terlihat profesional. Program ini juga dilengkapi dengan kemampuan eSignature yang memungkinkan seseorang membubuhkan tanda tangannya secara online dan juga pembayaran online.

Odoo sales ini juga masih didukung dengan kemampuan drag and drop yang sangat memudahkan kita seperti pada pembuatan websitenya. Kita bisa dengan mudah membuat quotation sesuai dengan keinginan kita tanpa perlu memusingkan diri dengan susahnya pembuatan template quotation tersebut. Hal ini tentu saja menghemat waktu kita yang berharga dan pada akhirnya bisa kita alokasikan kepada hal yang lain. Kita bahkan bisa menambahkan deskripsi produk yang pelanggan kita beli berikut dengan gambarnya untuk tampilan yang lebih cantic dan profesional.

Program eSignature juga akan sangat membantu mempercepat proses jual beli yang ada. Para pelanggan dapat mentanda tangani setiap quotation yang ada secara online dari manapun tanpa harus bertemu muka. Disamping itu kita juga bisa berkomunikasi lewat email dalam quotation yang diberikan untuk mempermudah komunikasi mengenai produk yang akan dibeli. Program ini juga dilengkapi dengan program up selling yang secara otomatis dapat memberikan sugesti produk yang berkaitan dengan produk yang dibeli.

Kemudahan yang diberikan oleh Odoo ini juga tidak berhenti sampai disini. Setelah proses quotation selesai dan pelanggan setuju, maka kita bisa dengan mudah merubah quotation menjadi invoce dengan hanya satu klik. Setelah invoice jadi, kita juga bisa dengan mudah melacak semua transaksi yang ada karena akan disimpan secara rapi. Metode penyimpanan datanya bisa berdasarkan waktu atau juga produk yang dibeli, sehingga memudahkan kita untuk melakukan penawaran baru kepada pelanggan.

Pelanggan pun dipermudah

Bahkan kemudahan yang ditawarkan juga diberikan kepada para pelanggan kita. Mereka bisa dengan mudah membuka customer portal dari mana saja. Customer portal ini berfungsi supaya para customer atau pelanggan dapat melacak juga setiap transaksi yang ada. Mulai dari quotations, sales order sampai kepada delivery order semua dapat dilihat dalam customer portal ini.

Odoo CRM

Dalam dunia bisnis kata CRM (Customer Relationship Management) tentu saja bukan hal asing lagi di telinga kita. Customer Relationship Management inilah yang membantu kita mengelola hubungan kita dengan para pelanggan kita. Sebagai program yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan kita, Odoo juga menciptakan Odoo CRM ini. Banyak data yang bisa kita dapatkan dari CRM ini dan yang ujungnya akan berakhir pada peningkatan penjualan kita.

Lewat Odoo CRM ini kita bisa mendapatkan data yang akurat untuk membantu kita memprediksi dengan lebih baik. Lewat data-data yang ada kita bisa membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Program ini juga memungkinkan kita membuat dashboard sesuai keinginan kita untuk mempermudah dalam menganalisanya. Dalam jaman yang serba cepat ini kita juga disediakan feature real time dari Odoo CRM ini. Feature ini memungkinkan kita dan orang-orang disekeliling membuat dan membagikan data yang ada secara langsung.

Great tools = Happy people adalah hal yang ditunjukan oleh Odoo untuk para penggunanya. Lewat program ini kita bisa membuat jadwal dengan lebih mudah dan teratur. Kita bisa membuat jadwal untuk menelefon, mengirimkan email, memberikan demo dan lain sebagainya berdasarkan setiap data yang ada. Lewat data yang akurat dan juga waktu yang tepat akan membawa kita memiliki lebih banyak penjualan.

Program ini juga dilengkapi dengan real time overview yang ada untuk membantu kita mengevaluasi setiap kinerja kita. Kita bisa membandingkan kinerja kita dengan bulan-bulan sebelumnya dan juga merancangkan rencana kerja untuk bulan-bulan berikutnya. Tentu saja rencana yang kita buatpun bisa berdasarkan dan disesuakan dari setiap data pelanggan yang dimiliki dan sejarah kinerja kita.

Dalam CRM pelanggan adalah fokus utama

Bisa dibilang inti dari sebuah CRM ini adalah tentu saja tetap terkoneksi atau terhubung dengan para pelanggan kita. Odoo CRM juga menyediakan real time messaging supaya kita bisa tetap terhubung dengan para pelanggan kita. Lewat program ini kita dan tim bisa mengetahui setiap hal yang terjadi antara pelanggan dengan tim sales secara real time. Hal ini sangat berguna untuk memberikan back up informasi atau hal-hal yang dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan dalam sebuah transaksi.

Odoo Invoicing

Tentu saja dalam sebuah bisnis tujuan utamanya adalah mendapatkan bayaran yang akan menjadi sebuah keuntungan untuk kita. Namun terkadang proses bisnis untuk mendapatkan keuntungan bisa terhambat dalam proses pembayaran. Hal inilah yang menjadi tujuan utama dari adanya Odoo invoicing ini. Odoo invoicing ada untuk membantu kita mengenai segala hal dalam proses pembayaran.

Proses pembayaran dimulai setelah pelanggan setuju dengan tagihan (quotation) yang ada sesuai dengan barang dan harga yang tertera. Lewat Odoo Invoicing setiap quotation yang ada bisa dengan mudah diubah menjadi invoice dengan hanya memerlukan satu klik saja. Tidak hanya mudah, tapi sisi profesionalitas pun tetap dipertahankan lewat tampilan invoice yang rapi. Program ini juga bisa secara otomatis mengiriman invoice yang ada dalam bentuk PDF lewat email attachment. Untuk yang masih menggunakan surat kertas pun dapat terbantu dengan sistem yang dapat mencetak dan mengirimkan invoice lewat pos.

Segala hal yang lancar dalam proses suatu bisnis tentu saja akan membuat kita mendapatkan bayaran lebih cepat pula. Dalam dunia yang sudah serba cepat dan online ini proses pembayaran pun lebih dipercepat dan dipermudah lagi. Odoo invoicing meng-cover hal ini dengan terhubung melalui beberapa perusahaan penyedia jasa transaksi. Sebut saja Paypal, Ingenico, Buckaroo, Stripe, Authorize.net, Atos Worldline atau Adyen dan mungkin masih akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

Terkadang para pelanggan kita lupa untuk membayar barang yang sudah dipesannya karena berbagai macam alasan. Terkadang kita juga lupa untuk mengingatkan mereka dan pada akhirnya transaksi tidak pernah terjadi. Odoo invoicing juga berguna sebagai program yang dapat membantu kita untuk mengingatkan para pelanggan kita akan tagihannya. Program ini akan secara otomatis mengirimkan reminder kepada pelanggan kita akan pesanan yang belum terbayarkan.

Tetap terhubung dengan segala data pembayaran dan penjualan

Odoo invoicing ini juga memungkinkan kita untuk melihat segala data transaksi yang ada yang biasanya termasuk dalam akunting. Kita bisa melihat draft invoice, invoice yang sudah lunas maupun invoice yang belum lunas. Selain itu kita juga bisa menghubungkan akun bank kita untuk mendata setiap transaksi yang masuk.

Seperti yang tadi sudah disebutkan bahwa data yang akurat merupakan sebuah aset yang berharga untuk kita. Lewat Odoo invoicing kita bisa mendata setiap penjualan yang terjadi. Kita bisa mengatur data yang ada sesuai dengan kebutuhan untuk dianalisa lebih lanjut. Pengaturan ini bisa berdasarkan produk yang dibeli, pelanggan, orang yang melakukan transaksi dengan pelanggan dan lain sebagainya.

Odoo POS

Dalam artikel Odoo Indonesia dalam dunia bisnis (Pt.3) kita sempat membahas mengenai POS (Point of Sale). Dalam artikel itu dibahas salah satu modul yang terpopuler dari komunitas Odoo yaitu modul mengenai POS ini. Modul tersebut dibuat dengan memiliki kemampuan seperti yang ada dalam Odoo POS. Pada dasarnya program ini ada untuk mendukung dan memudahkan juga setiap penjualan yang ada.

Jaman sekarang banyak sekali smart device yang tersedia di pasar. Terkadang hal ini yang membuat kita ragu akan kompabilitas sebuah program dengan device yang ada. Odoo POS ini sudah di desain sedemikian rupa sehingga bisa kompatibel dengan berbagai macam device yang ada. Mulai dari tablet, laptop, desktop computer, dan industrial machine semua dapat menggunakan program ini.

Program ini disediakan untuk membantu setiap kebutuhan retail kita. Dengan kemampuannya yang mudah untuk disesuaikan dengan setiap kebutuhan yang ada. Kita bisa menggunakan proram ini secara khusus dan sangat sesuai untuk setiap keunikan kebutuhan bisnis yang ada.

Kita bisa dengan mudah untuk mengatur dan memeriksa semua inventaris produk kita melalui program POS ini. Hal ini akan sangat membantu kita jika kita memilih untuk melakukan bisnis secara online atau e-commerce. Odoo POS ini dapat kita gunakan juga dalam keadaan offline atau tidak terkoneksi dengan internet. Memang untuk memulai menjalankan program dibutuhkan koneksi internet, akan tetapi setelah berjalan program ini bisa berfungsi dalam keadaan offline.

Sekali lagi yang terpenting dalam sebuah bisnis tentu saja customer atau para pelanggan kita. Kita bisa memberikan reward atau potongan harga untuk para pelanggan tetap kita lewat Odoo loyalty program. Lakukan registrasi untuk para pelanggan dan data pelanggan kita dapat disimpan untuk nantinya digunakan sebagai bahan analisa.

Fungsi lainnya dalam kategori Odoo sales

Selain beberapa fungsi diatas, Odoo sales juga memiliki fungsi subscriptions dan esign. Fungsi subscription adalah fungsi untuk mengatur setiap orang yang ingin menjadi subscriber kita. Dimulai dari proses registrasi awal sampai dengan pemberitahuan segala macam informasi terkait dan juga pembayaran semua diatur oleh Odoo subscription ini. Tujuannya adalah untuk mengubah pengunjung yang senang menjadi pelanggan yang puas.

Untuk fungsi Odoo esign sendiri sebenarnya sudah dibahas diatas. Fungsi ini ada untuk mempercepat segala transaksi yang ada dan mempermudahnya menjadi paperless transaction. Esign ini juga sangat membantu dalam hal penghematan waktu dan juga mengurangi kesalahan manual yang dapat terjadi. Selain itu juga data-data penting yang sudah ditanda tangani akan tersimpan dengan rapi dan aman.

Itulah fungsi yang ditawarkan dari Odoo sales. Semuanya serba mudah, praktis dan rapi. Dengan mengaplikasikannya kedalam bisnis, kita bisa lebih meningkatkan penjualan dan juga mengoptimalkan sumber daya manusia yang ada.