Odoo Indonesia dalam dunia bisnis (Pt.6)

Odoo Indonesia dalam dunia bisnis (Pt.6)

Sekarang kita akan membahas kategori terakhir dari 4 kategori utama dalam Odoo yaitu kategori Productivity Tools. Sebenarnya memang bisa dikatakan bahwa tujuan utama dari semua program-program yang ada baik itu Website Builder, Sales, dan Operations bertujuan untuk meningkatkan produktifitas. Semua kategori diatas itu baik dan memang benar meningkatkan produktifitas tapi lebih berfokus kepada masalah teknis. Sedangkan untuk Productivity Tools ini lebih berfokus kepada sumber daya manusianya atau kepada setiap orang yang terlibat di dalam suatu bisnis.    

Odoo Communication

Komunikasi tentu saja tidak dapat dipisahkan dari produktifitas sebuah usaha. Karena komunikasi yang baik dan lancar akan berdampak pada keseluruhan bisnis yang sedang berjalan. Untuk itu Odoo mengeluarkan program untuk bagian komunikasi ini. Program ini ada untuk mempermudah komunikasi satu individu dengan yang lainnya di dalam suatu perusahaan. Kita bisa melakukan komunikasi antara semua karyawan dengan mudah dengan Odoo communication ini. Komunikasi bisa dibagi secara grup atau private chat, dan kita juga bisa melihat topik apa yang sedang didiskusikan. Program ini juga terintegrasi dengan modul Odoo lainnya sehingga bisa dijalankan secara bersamaan dengan program-program lainnya. Selain itu semuanya bisa ditampilkan dalam satu layar saja sehingga mempermudah pemakaiannya. Tidak sampai disitu, kemampuan Odoo communication juga memungkinkan kita untuk mengupdate semua karyawan dengan lebih mudah. Kita bisa membuat internal company email sehingga bisa dengan mudah membagikan sesuatu setiap saat tanpa ada yang terlewat karena lupa atau tidak mengetahui email kolega kita. Lewat hal ini juga kita bisa memberikan pengumuman penting atau perubahan besar yang terjadi dalam perusahaan dengan lebih cepat. Hal lain yang menjadi penunjang dalam Odoo communication ini adalah dengan adanya personal to do list. Lewat hal ini kita bisa membagikan apa yang harus dikerjakan, apa prioritas utama masing-masing individu. Kita juga bisa mencatat dan menambahkan bersama-sama dengan para kolega kita mengenai suatu isi dalam rapat. Semuanya dapat dilakukan dengan real time sehingga memberikan kecepatan yang menjadi esensi dalam dunia kerja masa kini.

Odoo Timesheet

Jika kita adalah seorang pribadi yang sangat memperhatikan waktu, maka Odoo timesheet ini sangat cocok dengan kita. Lewat timesheet atau tabel waktu ini kita bisa lebih terorganisir dalam mengelola setiap aktifitas kita. Program ini bisa bekerja melalui berbagai macam device yang ada dan juga dimanapun kita berada. Bahkan program ini dapat dijalankan secara offline dan ketika kita kembali online maka secara otomatis semuanya akan tersinkronisasi. Kita bisa mengatur jadwal kita bahkan secara perjam lewat Day Planner. Ini akan sangat membantu kita, terutama jika kita orang yang sangat sibuk sampai terkadang lupa dengan jadwal yang sudah disusun. Kita pun bisa melacak dan mendata semua aktifitas kita yang kita kerjakan. Jadi kita bisa mengetahui berapa lama waktu yang kita habiskan untuk mengerjakan suatu pekerjaan dengan waktu yang sangat mendetail. Untuk para pekerja professional yang dibayar per jam atau per hari program ini juga sangat membantu. Kita bisa melihat berapa lama waktu yang kita pakai untuk kerja dan kita bahkan bisa melihat data statistiknya. Program ini juga bisa membantu kita untuk mengirimkan invoice kepada klien kita dengan mudah. Semuanya secara otomatis dilakukan dan klien akan menerima invoice sesuai dengan jam kerja kita tanpa harus kita masukan secara manual. Untuk kita yang bekerja di dalam tim juga akan sangat terbantu dengan adanya program ini. Dengan ini kita bisa mengatur jadwal dari semua orang yang terlibat di dalam suatu proyek yang ada. Kita bisa memantau waktu yang paling efektif dan yang dibutuhkan untuk mengerjakan suatu proyek dan dapat digunakan sebagai referensi kedepannya. Lewat ini kita bisa mengatur jadwal dengan baik termasuk jadwal libur dan memastikan proyek yang dikerjakan selesai pada waktunya.

Odoo Email Marketing

Katakan selamat tinggal pada kerumitan untuk membuat email marketing. Biasanya kita memerlukan pengetahuan IT yang cukup untuk membuat email marketing yang bisa berfungsi dengan baik. Disamping itu kita juga memerlukan desain yang cukup menarik untuk menarik para penerima email kita membacanya. Jangan lupakan juga ilmu tentang segmentasi pasar yang dituju melalui email ini. Semua kerumitan itu dapat dipermudah dengan menggunakan Odoo email marketing. Menggunakan prinsip yang sama seperti pembuatan website melalui website builder yaitu drag and drop feature. Kita hanya perlu melakukan drag and drop tanpa perlu memusingkan bagian back end email tersebut. Bahkan kita bisa memilih banyak template yang sudah tersedia, tinggal kita atur, kemudian masukan pesan dan gambar sesuai keinginan kita. Tidak lupa Odoo juga menyediakan tombol call to action dan juga tombol media sosial yang tersambung dengan media sosial kita. Setelah selesai membuat email, kita juga perlu memperhatikan segmentasi pasar yang kita tuju. Lewat Odoo email marketing ini kita bisa dengan mudah membagi tujuan kita secara negara, pembeli, tanggal, fungsi dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja dengan tujuan untuk meningkatkan efektifitas pengiriman dan juga kemungkinan dibukanya email tersebut oleh setiap penerima. Sangatlah penting jika email yang sudah kita buat dan kita pilih pasarnya tersampaikan dengan baik. Hal ini perlu kita pastikan dengan cara dapat dibukanya email yang kita kirim oleh device manapun juga. Tidak hanya dibuka, tapi juga dapat dibuka dengan baik karena email ini dapat menunjukan kredibilitas bisnis yang kita jalankan. Konten yang dinamis dari Odoo email marketing memastikan semua email dapat dibuka secara maksimal dari device manapun juga. Sekali lagi bisa kita tekankan bahwa data itu sangatlah penting. Dari sana kita bisa tahu performa dari suatu hal yang sedang dikerjakan dan juga menyusun strategi kedepannya. Untuk itulah Odoo menyediakan juga data dari setiap email yang kita kirim secara akurat dan real time.

Odoo Events

Mengorganisir setiap acara yang ada dengan mudah melalui Odoo events. Program pengaturan acara yang diklaim sebagai all in one solution ini menawarkan banyak hal untuk kita. Dimulai dari banyaknya jenis acara yang dapat diatur seperti conferences, webinars, festivals, classes, charity dan exhibition. Semua dapat diatur mulai dari perencanaan acara, penjualan tiket, promosi, sampai dengan sponsor. Odoo Events ini dapat langsung terhubung dengan website yang kita punya. Secara otomatis program ini akan memasukan agenda acara ke dalam website dengan tampilan yang rapi dan menarik. Pengunjung website kita juga bisa dengan mudah mencari setiap acara yang ada berdasarkan tanggal, lokasi, tags atau juga pembicara. Kita juga bisa memasukan form pilihan pembicara dalam acara yang akan kita buat. Lewat form ini akan memungkinkan setiap pengunjung website untuk memilih pembicara dalam acara tersebut. Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa program ini merupakan program all in one. Semua kebutuhan perencanaan acara tersedia termasuk juga untuk urusan penjualan tiket. Kita bisa memilih menyelenggarakan acara secara gratis atau dengan menjual tiket masuk secara online. Harga tiket masuk dapat kita atur mulai dari harga promosi, harga early bird, harga normal dan lain sebagainya. Untuk pembayarannya pun dapat kita pilih pembayaran secara online atau dengan mengirimkan invoice kepada setiap pembeli. Tentu saja sebuah acara pasti memerlukan yang namanya promosi. Untuk bagian promosi, Odoo events dapat melakukan promosi melalui sosial media dan juga email marketing. Sistem yang digunakan sama dengan sistem segmentasi email marketing untuk memastikan efektifitas promosinya. Untuk memaksimalkan promosi yang ada, disediakan juga ad-hoc landing pages yang tertuju langsung sesuai dengan acara yang berkaitan. Dengan Odoo event ini juga kita bisa mengatur program sponsor dengan mudah. Kita bisa menempatkan setiap sponsor yang ada sesuai dengan program sponsor yang dibeli. Bahkan untuk program sponsorship ini bisa kita jual melalui Odoo e-commerce.

Odoo Appointments

Program ini hadir untuk mempermudah setiap jadwal janji kita dengan orang lain. Dengan ini kita bisa langsung memasukan jadwal kita dan membuat klien kita membuat jadwal bertemunya sendiri. Kita bisa membuat form pendaftaran untuk calon klien dengan mudah supaya kita bisa lebih mengenal klien sebelum bertemu langsung. Untuk pengiriman pesan pengingat juga bisa dilakukan secara cepat dan jika klien mau merubah jadwalpun dapat dilakukan dengan mudah. Program ini juga dapat tersinkronisasi dengan Google Calendar untuk benar-benar memastikan jadwal yang kita punya.

Odoo Survey dan Marketing Automation

Odoo survey dan Odoo marketing automation merupakan program yang saling mendukung satu dengan lainnya. Untuk Odoo survey memungkinkan kita untuk membuat survey secara cepat dan mudah. Hasil surveynya nanti akan secara otomatis tersinkronisasi dengan database yang kita punya. Program ini juga mempermudah kita dalam hal membagikan hasil survey yang ada kepada para kolega kita hanya dalam beberapa klik saja. Data yang didapatkan dari survey yang kita lakukan tentu saja sangat berharga. Lewat data itu kita bisa mengetahui banyak hal dan tentu saja membantu perencanaan bisnis kita. Lewat data ini juga kita bisa melakukan segmentasi pasar dan lebih efektif dalam hal promosi dan penjualan. Untuk mempermudah proses marketing yang kita butuhkan maka kita bisa menggunakan Odoo marketing automation. Program ini memungkinkan kita untuk melakukan marketing yang tepat kepada target pasar yang tepat di waktu yang tepat pula. Semuanya dapat berjalan secara otomatis sehingga dapat berfungsi 24/7. Dari proses yang bisa berjalan 24/7 ini kita bisa juga mendesain perjalanan marketing untuk setiap klien yang ada. Kita hanya perlu merancang if/then action untuk setiap pilihan yang kita tujukan untuk klien kita. If/then action ini bisa ketika klien kita membuka email, atau mengklik suatu bagian tertentu atau juga ketika mereka membalas email yang dikirimkan.

Kesimpulan Odoo Indonesia dalam dunia bisnis

Dari semua artikel yang sudah dibagikan kita bisa menarik kesimpulan bahwa Odoo ini memang suatu program yang luar biasa. Banyak hal yang dapat dicover melalui setiap program dan modul yang tersedia. Hal ini berujung dengan peningkatan produktifitas secara keseluruhan dari suatu bisnis atau perusahaan. Jadi tunggu apa lagi, segera tingkatkan bisnis anda bersama kami Bridgetech!
Related Posts