Penggunaan Learning Management System Selama Pandemi COVID-19

Penggunaan Learning Management System Selama Pandemi COVID-19

penggunaan learning management system

Pendidikan adalah sektor yang terdampak pandemi COVID-19 secara signifikan dan belum terlihat akan kembali ke kondisi normal; kegiatan belajar dilakukan secara tatap muka. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), atau dikenal juga sebagai e-learning, adalah satu-satunya upaya dalam melanjutkan perjuangan melangsungkan edukasi di Indonesia. Dalam menunjang PJJ, penggunaan Learning Management System (LMS) mulai mendulang popularitas di ekosistem pendidikan di Indonesia. 

Learning Management System secara umum mencakup pembuatan, pendistribusian, dan pengaturan penyampaian materi pembelajaran melalui piranti lunak yang dapat diakses melalui internet. Untuk LMS yang kami kembangkan, aplikasi dibangun dalam dua platform, yaitu platform mobile untuk menunjang aktivitas pembelajaran dan platform CMS untuk mendukung aktivitas pembelajaran serta mengelola konten dan materi Learning Management System yang kemudian dipecah menjadi modul-modul sesuai fungsi dan fitur pembelajaran. 

Modul Master Data
Modul ini memiliki tujuh fitur yang berfungsi sebagai pengelolaan data dan materi untuk setiap kegiatan pembelajaran. Fitur-fitur tersebut mencakup:

Role Management adalah fitur untuk mengelola semua akses setiap pengguna. Fitur ini mencakup menambah, mengubah, mengurangi peran setiap pengguna dalam aplikasi.
User Management adalah fitur untuk mengelola data dalam aplikasi. Fitur ini mencakup menambah, melihat, mengubah data pengguna utama seperti super admin dan admin.
Class Level Management merupakan fitur pengelolaan kelas. Fitur ini dapat memberi akses untuk menambah, mengubah, dan menghapus data di tingkat kelas.
Instructor Management merupakan pengaturan untuk mengelola pengajar. Fitur ini dapat digunakan untuk mengubah, menambah, dan melihat pengajar mata pelajaran.
Student Management adalah fitur untuk mengelola pelajar atau siswa. Fitur ini dapat menambah, mengubah, dan melihat data siswa.
Quiz Management: adalah fitur yang mengakomodir kegiatan kuis. Fitur ini dilengkapi fungsi yang dapat menambahkan, mengubah, melihat dan menghapus kuis.
Syllabus Management adalah fitur untuk merancang silabus atau kerangka pembelajaran untuk instruktur atau tenaga pengajar. Fitur ini dilengkapi fungsi yang dapat menambahkan, mengubah, melihat dan menghapus silabus.
Schedule merupakan fitur yang menampilkan kalender yang berisi informasi jadwal pembelajaran, tenggat tugas atau kuis yang diikuti oleh siswa.
Discussion fitur ini berguna untuk melakukan diskusi antara siswa dan pengajar mengenai pembahasan materi mata pelajaran.

Modul Video Conference 

Modul ini merupakan salah satu modul utama dalam menunjang PJJ dengan menyajikan pertemuan secara online dalam  satu kesempatan untuk kegiatan pembelajaran yang melibatkan instruktur dan peserta pembelajaran atau siswa, yang setiap sesinya ditengahi oleh seorang moderator. Untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif, moderator memiliki kuasa untuk mengaktifkan dan mematikan mikrofon peserta pembelajaran. Modul ini memiliki fungsi interaktif yang dapat melibatkan siswa yaitu fitur Raise Hand di mana siswa dapat memberi notifikasi yang mengindikasikan angkat tangan layaknya kegiatan di dalam kelas lalu direspon oleh moderator untuk kemudian mempersilakan siswa yang mengangkat tangan untuk bersuara. 

Setiap sesi pembelajaran dapat direkam dan ditonton ulang untuk keperluan evaluasi dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Moderator juga dapat membuat laporan hasil kegiatan pembelajaran melalui fitur Moderator Report.

Modul E-Library

Di dalam modul ini, pengguna dapat mengunggah dan mengunduh materi pembelajaran. Tenaga pengajar memiliki akses untuk mengunggah materi pembelajaran dan file-file yang diperlukan dalam sebuah kelas, sedangkan siswa dapat mengunduh secukupnya materi yang disediakan oleh tenaga pengajar. 

Modul Attendance

Modul Attendance berfungsi untuk merekam kehadiran siswa. Dalam modul ini, ada fitur Manual Attendance Input yang dapat digunakan tenaga pengajar untuk melakukan absensi secara manual. Sedangkan siswa juga dapat melakukan proses absensi secara langsung menggunakan Take Picture For Attendance yang merekam kehadiran melalui foto selfie masing-masing. Tenaga pengajar dapat mengekspor data kehadiran siswa ke format dokumen lain sesuai dengan kebutuhan menggunakan fitur Export. 

Modul Assignment

Modul ini berfungsi untuk mengakomodasi semua kegiatan tugas siswa. Untuk siswa, fitur yang dapat digunakan adalah Upload untuk mengunggah tugas yang diberikan. Kemudian tenaga pengajar dapat menggunakan fitur VIew and Download untuk memeriksa dan mengunduh setiap tugas yang dikumpulkan. Kemudian, tenaga pengajar memberi nilai dan catatan menggunakan fitur Scoring and Remarks. 

Modul Authentication 

Modul ini adalah gerbang keluar masuk bagi setiap pengguna. Untuk masuk dan mendapatkan akses, pengguna harus Login menggunakan username dan password yang telah terdaftar. Untuk keluar dan mengganti akun, pengguna dapat menggunakan fitur logout. 
Modul-modul di atas dapat memimik kegiatan dan suasana belajar seakan seperti kegiatan tatap muka dan dapat dibuat lebih interaktif dan efisien. LMS tidak hanya memungkinkan pelajar untuk mengatur dan mengakses apa lebih banyak informasi di satu “tempat” terpusat, tetapi juga dapat membantu tenaga pengajar untuk mengawasi dan memantau tim mereka dengan percaya diri. Dengan adanya pandemi COVID-19 yang memberi banyak batas di kehidupan kita, kegiatan belajar tetap dapat berlangsung dan dibuat lebih efisien menggunakan penggunaan Learning Management System. 

Related Posts