Software Akuntansi dan Manfaatnya

Software Akuntansi

Software Akuntansi dan Manfaatnya

Perkembangan teknologi di era modern saat ini ada banyak program komputer yang bisa memudahkan ¬kita dalam menjalani pekerjaan sehari-hari baik itu di lingkungan kantor ataupun di lingkungan masyarakat.
Terutama untuk bidang akuntansi dalam sebuah perusahaan.

Setiap perusahaan pasti membutuhkan laporan keuangan seperti, laba rugi, neraca, buku besar, jurnal, dan laporan-laporan lainnya yang memerlukan waktu tidak sedikit.

Datang dari pemikiran sebuah konsep, software akuntansi merupakan sebuah program untuk memudahkan serta mempercepat laporan keuangan sebuah perusahaan, neraca, laba rugi, dan segala macam bentuk laporan keuangan yang berada di perusahaan.

Software akuntasi merupakan sebuah software yang membantu seorang akuntansi menjalankan perhitungan keuangan di perusahaannya.

Software akuntansi saat ini sudah sangat berbeda karena sistemnya sudah sangat terintregasi dengan sistem online, sehingga semua orang pada otoritas tertentu bisa melihat laporan keuangan, atau laporan pada divisi tertentu.

Kelebihan seperti inilah yang membuat pemilik perusahaan mengalami penurunan stress akibat ketidaksesuaian pada laporan keuangan di setiap divisi, dan mengurangi keasalahan tersebut dengan menggunakan software akuntansi.

Dan tentu sebuah Software Akuntansi memiliki beberapa manfaat lain diantaranya yaitu:

1. Memudahkan Laporan keuangan

Biasanya laporan keuangan manual akan membutuhkan waktu lama untuk menghitung berapa pemasukan dan pengeluaran dalam laporan keuangan perusahaan.

Tentunya ini akan sangat menyita waktu bila dilakukan secara manual yang berjalan setiap waktunya.

Namun dengan software akuntansi ini seorang akuntan perusahaan atau pemilik perusahaan akan menjadi terbantu karena waktu yang lebih efisien dengan menggunakan software akuntansi ini pengguna akan melihat laporan keuangan berupa grafik kenaikan maupun penurunan hal itu tentu dapat memudahkan dalam mengambil keputusan tepat yang diambil guna membuat keuangan perusahaan bagus dan sehat.

2. Laporan Dapat Dengan Mudah Di lihat

Saat pengecekan berlangsung laporan yang sudah di input kedalam sistem dapat dengan mudah diliat oleh si pemilik perusahaan atau user dengan otoritas tertentu yang ingin menggunakan software tersebut.
User dengan otoritas tertentu tidak perlu repot-repot lagi harus pulang pergi ke kantor hanya untuk melihat laporan keuangan yang ada di perusahaan.

Si pemilik perusahaan atau user bisa melihat langsung laporan keuangan real time yang terjadi di software akuntansi tersebut.

3. Meminimalisir Kesalahan Perhitungan

Dalam perhitungan laba rugi, neraca, dan lain sebagainya seorang akuntasi tentu saja membutuhkan ketelitian yang bagus guna meminimalisir kesalahan perhitungan sehingga keseimbangan kas perusahaan menjadi terjaga.

Dengan adanya sotware akuntansi ini membantu seorang akuntasi atau pemilik perusahaan untuk meminimalisir kesalahan perhitungan karena sistem di software sudah otomatis menjalankan perhitungan.

4. Terintegrasi satu sama lain

Ketika divisi pergudangan, penjualan, maupun pembelian sedang tidak berada dikantor mereka bisa melihat laporan satu sama lain pada software akuntasi ini karena sudah terintegrasi secara online dan dapat dilihat dimanapun bahkan diluar kantor.

Hasil laporan dapat dijadikan bahan referensi yang ideal karena laporan tersebut merupakan laporan real time yang sedang terjadi pada sistem software tersebut.

Hal ini bisa meminimalisir kecurangan atau praktek KKN korupsi di lingkungan perusahaan dengan melampikran laporan keuangan dari setiap divisi sehingga tidak ada kebocoran dalam laporan keuangan.

5. Hemat Waktu dan Biaya

Kita dapat melihat apa saja yang dikerjaan oleh masing-masing divisi lain di perusahaan secara langsung sesuai dengan otoritas yang telah diberikan.

Serta pencetakan faktur penjualan bisa dilakukan setelah menginput data tagihan sehingga menghindari terlewatnya penagihan terhadap pelanggan.

Hal inilah yang terkadang menyita banyak waktu untuk mengecek maupun membuat laporan keuangan sebuah perusahaan

6. Bukti Pengeluaran Jadi Lebih Mudah

Akuntasi merupakan sebuah seni dalam berkomunikasi, mengukur, serta menginterpretasikan keuangan. Oleh karena itulah ilmu akuntasi sangat diperlukan guna menunjang kemajuan perusahaan.

Bukti Pengeluaran uang perusahaan bisa langsung dicetak dan disajikan dalam dokumen print out yang bisa langsung di tanda tangani si pemberi dan penerima dana dari perusahaan sebagai bukti dokumen transaksi apabila nanti perusahaan anda diaudit oleh pihak internal maupun eksternal.

7. Hutang & piutang

Hutang dan piutang yang pada saat jatuh tempo bisa di up to date sehingga bisa mengatur arus kas perusahaan. Anda juga dapat menentukan kapan harus membayar pihutang kepada supplier dan kapan akan menerima piutang yang akan diterima dari pelanggan.

8. Manajemen Aset

Manajemen Aset tetap tidak bisa lepas dari software akuntansi. Kita tidak lagi membutuhkan daftar harta tetap untuk menghitung aset yang kita punya dan menghitung penyusutannya dengan spreed sheet untuk nantinya disusun lagi ke jurnal penyusunan.

Laporan manejemen aset tidak harus melulu soal angka yang terkadang justru membuat pusing kepala, laporan analisis bisnis pun juga bisa berupa grafik informatif yang memudahkan pengguna untuk mengambil keputusan yang tepat dalam manajemen aset bisnis.

9. Analisis Proyek

Bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, anda bisa menggunakan fasilitas analisis proyek untuk menganalisis keuntungan dalam suatu proyek. Berapa biaya dan pemasukan yang didapatkan dan pengeluaran selama proyek itu.

Serta membuat estimasi nominal proyek yang akan di jalankan ataupun ditawarkan kepada konsumen atau si pemilik proyek.

Dalam sebuah tender proyek biasanya nilai nominal proyek terendahlah yang menjadi pemenang tender proyek baik di kepemerintahan maupun swasta, dengan begitu kita bisa menganalisis berapa persen kah nominal proyek yang akan kita tawarkan kepada si pemilik proyek.

10. Analisis Biaya Stock Opname

Bagi perusahaan dagang baik itu online yang berupa marketplace atau e-commerce maupun offline, kita dapat dengan mudah menganalisis barang yang diinginkan misalkan barang mana yang paling laku dijual dan banyak peminatnya, berapa sisa stock yang tersisa di gudang, kapan harus mengisi stock yang kosong dengan membeli barang kepada supplier serta berapa saja keuntungan yang didapat dari barang yang sudah terjual.

Bagi perusahaan garmen ataupun pabrikasi, analisis untuk mendapatkan biaya produksi yang ideal semakin mudah didapat. Sehingga anda bisa dengan mudah untuk menentukan barang apa saja yang sudah mendekati minimun stock, setelah mengetahui barang apa saja yang sudah mendekati minimum stock barulah kita harus segera melakukan produksi untuk memperbanyak barang restock serta menentukan barang apa saja yang layak untuk diproduksi, menghitung berapa total barang pokok yang diproduksi menambahkan biaya bahan baku serta biaya-biaya yang overhead lainnya.

Begitulah beberapa manfaat dari software akuntasi ini, buktikan sendiri kelebihan-kelebihan lainnya dengan untuk memakai jasa pembuatan software akuntansi kami.

Beberapa client telah menggunakan jasa kami di brigetech service ini, anda bisa melihat portofolio kami dengan cara mengklik link ini. Atau dengan mengkontak nomor telfon dibawah ini dan menginfokan kebutuhan software apa saja untuk perusahaan anda.
Dengan senang hati kami akan membuat software sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda.
Telf : (+62 22) 6614726
Email : info@bridgetech.co.id