Software ERP Indonesia (Pt.3)

Pada artikel sebelumnya Software ERP Indonesia (Pt.1) dan Software ERP Indonesia (Pt.2) membahas mengenai hal umum dan fungsi software ERP. Kita bisa lebih mengetahui tentang apa itu software ERP dan apa saja kegunaannya. Pada artikel kedua pun sudah diberikan contoh penggunaan software ERP dan keuntungannya untuk perusahaan atau bisnis yang kita jalankan. Pada artikel kali ini kita akan lebih berfokus pada berbagai macam jenis software ERP yang ada di pasaran.

 

 

Jenis-jenis Software ERP

Berikut ini merupakan beberapa jenis software ERP yang bisa kita temui di pasaran. Meskipun sama-sama software ERP, mereka mempunyai keunikan dan keunggulannya masing-masing. Keunggulan atau keunikan ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kita sebelum menggunakan software tersebut.

Oracle NetSuite

NetSuite merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa software ERP yang berasal dari Amerika. NetSuite sendiri merupakan perusahaan dibawah Oracle Corporation. Mereka meluncurkan Oracle NetSuite untuk menjawab kebutuhan akan program IT di dalam sebuah bisnis.

Hal yang menarik dari Oracle NetSuite ini adalah mereka menawarkan solusi yang dibagi ke dalam tiga bagian. Mereka berharap dengan pembagian ini dapat mempermudah untuk menjawab setiap kebutuhan yang ada. Pembagiannya adalah berdasarkan tipe bisnis, peran dan software yang sedang digunakan saat ini.

Untuk urusan dalam pembagian tipe bisnis, Oracle NetSuite menawarkan solusi yang cukup komplit. Mereka meng-cover area yang cukup luas, dimulai dari start up business hingga enterprise. Yang menarik adalah disela-sela start up business hingga enterprise ini mereka menaruh perhatian tidak hanya kepada small dan midsize business saja. Mereka juga memberi perhatian kepada family-owned (bisnis keluarga) dan PE backed business.

Sebenarnya memang software ERP ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai macam tipe bisnis entah itu besar ataupun kecil. Tetapi ketika mereka menaruh perhatian lebih kepada detail setiap bisnis, hal ini merupakan sebuah nilai jual lebih. Tidak sampai pemberian solusi berdasarkan bisnis saja, mereka juga menawarkan solusi berdasarkan peran. Peran di sini merupakan jenis jabatan yang kita miliki seperti CEO, CFO, Controller dan CIO.

Pembagian pemberian solusi yang ketiga inilah yang paling menarik perhatian. Mereka dapat memberikan solusi berdasarkan software yang sedang kita gunakan saat ini. Hal ini tentu saja mempermudah kita dalam menghilangkan keragu-raguan untuk berganti software ke Oracle NetSuite ini. Beberapa software tersebut adalah QuickBooks, Microsoft Dynamics GP, Sage, SAP, Deltek, Epicor dan Legacy on Premise ERP.

SAP

Perusahaan asal Jerman ini dibentuk oleh lima orang mantan pegawai IBM. Mereka membentuk perusahaan SAP pada tahun 1972. SAP sendiri merupakan singkatan dari Systemanalyse und Programmentwicklung yang dalam Bahasa Inggris menjadi System Analysis and Program Development.

Sejarah perusahaan ini cukup panjang jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya di bidang serupa. Pada tahun pertamanya mereka memperkerjakan sembilan orang karyawan dan mereka terus berkembang secara stabil dari tahun ke tahun. Hingga saat ini mereka memiliki kantor di 130 negara hampir di setiap benua. Bahkan mereka juga memiliki kantor di Indonesia tepatnya di Jakarta.

Disamping software ERP, produk yang mereka tawarkan ke pasar juga sangat beragam. Setidaknya ada 8 bagian besar dalam produk yang mereka punya. Untuk software ERP sendiri mereka membaginya kedalam 4 kategori yaitu Cloud ERP, SAP S/4HANA Cloud, SAP S/4HANA dan ERP for small and midsize enterprises.

Cloud ERP pada dasarnya adalah produk yang ditawarkan SAP untuk menyimpan data pada server cloud mereka. Hal ini mempermudah kita untuk mengakses data yang ada dan juga mempermudah dalam proses penyimpanan data dan keamanannya. Mereka menyediakan jasa ini untuk semua ukuran perusahaan mulai dari large enterprises, midsize business hingga small to lower midsize business.

Sebelum kita masuk ke dalam SAP S/4HANA Cloud, kita harus memahami lebih dahulu tentang SAP S/4HANA. SAP S/4HANA adalah program ERP dengan kepintaran lebih daripada software ERP pada umumnya. Program ini memiliki kemampuan machine learning yang bisa berkembang seiring dengan waktu penggunannya. Perbedaan yang mendasar pada SAP S/4HANA dengan SAP S/4HANA Cloud adalah pada tempat penyimpanan datanya saja.

SAP juga melihat adanya kebutuhan untuk perusahaan kelas kecil dan menengah. Mereka memiliki penawaran khusus untuk jenis perusahaan ini, yaitu ERP for small and midsize enterprises. Ada tiga macam kategori produk yang ditawarkan oleh SAP yaitu SAP Business ByDesign, SAP Business One dan SAP S/4HANA Cloud.

Sage

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1981 oleh David Goldman. Awalnya David Goldman hanya ingin mengotomatiskan proses akuntansi dasar dan perkiraan cetak bisnisnya sendiri. Dia bekerja sama dengan tim mahasiswa dari Universitas Newcastle untuk menciptakan software tersebut. Pada akhirnya ia sadar bahwa masih banyak perusahaan di luar sana yang membutuhkan program serupa, hingga akhirnya ia mendirikan Sage.

Terdapat 5 macam produk yang ditawarkan oleh Sage untuk software ERP. Kelima produk itu adalah Sage Business Cloud Enterprise Management, Sage 300cloud, Sage CRM, Sage Business Cloud Enterprise Management Data dan Analisis dan Sage Inventory Advisor. Jika dilihat Sage sangat menekankan pada fungsi cloud yang sedang populer di kalangan masyarakat.

Sage Business Cloud Enterprise Management merupakan software ERP yang sudah lebih maju daripada software ERP tradisional. Meskipun dinamakan Sage Business Cloud Enterprise Management, tapi kita tetap dapat memilih menyimpan data secara pribada tanpa menggunakan cloud. Yang menarik dari program ini adalah kemampuannya untuk membantu kita mengelola berbagai macam perundang-undangan yang berbeda dari tiap negara. Hal ini tentu saja mempermudah kita untuk melakukan ekspansi bisnis keluar negeri ataupun mengelola bisnis internasional yang sudah ada. Program ini didukung oleh 2 program tambahan yaitu Sage Business Cloud Enterprise Management Data dan Analisis dan Sage Inventory Advisor.

Sage 300cloud adalah sebuah software ERP yang dikhususkan untuk perusahaan menengah hingga perusahaan besar. Program ini juga dilengkapai dengan kemampuan untuk mendukung berbagai jenis perusahaan, mata uang dan juga bahasa. Kita juga dapat memilih modul yang kita inginkan dan butuhkan tanpa harus membeli semuanya sekaligus. Seiring dengan berjalannya waktu kita juga bisa menambahkan modul-modul sesuai dengan perkembangan bisnis kita.

Untuk urusan CRM Sage juga mengeluarkan Sage CRM yang mudah digunakan. Program ini juga dapat menggunakan cloud diluar penyimpanan biasa. Sage CRM ini dapat diakses menggunakan platform seluler yang beragam. Yang paling penting CRM ini terintegrasi dengan program ERP untuk meningkatkan efektifitas.

Microsoft Dynamics

Microsoft, siapa yang tidak mengetahui perusahaan ternama ini. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang software, Microsoft juga merambah dunia bisnis dengan Microsoft Dynamics. Salah satu software ERP yang terkenal dari Microsoft adalah Microsoft Dynamics 365. Program ini merupakan gabungan kemampuan ERP dan CRM dalam satu wadah.

Microsoft Dynamics 365 ini merupakan program untuk solusi bisnis yang mudah digunakan dan dapat beradaptasi. Program ini menghubungkan beberapa elemen bisnis seperti Finance, Sales, Service dan Operations. Tujuannya adalah untuk menaikan proses bisnis dengan meningkatkan interaksi dengan customer sehingga memungkinkan adanya pertumbuhan.

Microsoft Dynamics 365 berperinsip bahwa aplikasi komplit yang hebat berdiri sendiri dan bahkan lebih baik jika bersama-sama. Dengan prinsip itulah mereka berpikiran untuk menghubungkan Finance, Sales, Service, Operations, bahkan Marketing dan juga Talent. Salah satu keuntungan yang kita dapatkan jika menggunakan program ini adalah bahwa program ini dapat digabungkan dengan software Microsoft lainnya. Contohnya adalah Adobe Marketing Cloud yang menggabungkan Microsoft Dynamics 365 dengan Adobe.

Hal lain yang juga menarik dari Microsoft Dynamics 365 ini adalah kemampuannya dalam mendukung pencarian tenaga kerja atau Talent. Program ini dapat membantu kita untuk merekrut orang yang tepat sesuai dengan bidang dan kemampuannya. Tidak hanya sampai proses perekrutan, program ini juga dapat membantu memaksimalkan para tenaga kerja yang ada. Dengan program ini kita bisa memastikan bahwa tenaga kerja baru dapat bekerja secara produktif dan memberikan dampak yang bermanfaat.

Odoo

Odoo merupakan salah satu software ERP yang cukup difavorit. Mereka memiliki komunitas yang sangat besar yang dapat mendukung berbagai macam jenis bisnis. Dengan besarnya komunitas yang ada, modul yang tersedia untuk berbagai keperluan bisnispun lebih beragam. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama dari Odoo jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya.

Pembahasan mengenai Odoo sendiri sebenarnya sudah dilakukan dalam artikel terpisah. Untuk penjelasan yang lebih detail mengenai Odoo dengan segala fungsi dan kemampuannya dapat dilihat dalam Odoo Indonesia dalam dunia bisnis. Dalam artikel itu Odoo dibahas mendetail mulai dari sejarah, fungsi, komunitas, sampai dengan penerapannya dalam dunia bisnis.

Pilih Software ERP yang sesuai

Diatas sudah dibahas mengenai beberapa jenis software ERP yang tersedia di pasaran. Semuanya memiliki kemampuan dan keunikannya masing-masing. Kita tidak bisa menentukan bahwa program yang satu lebih baik daripada program lainnya. Semuanya itu tergantung pada kebutuhan yang kita miliki dan software mana yang lebih menjawab kebutuhan tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam memilih software ERP ini. Yang pertama sudah pasti apakah program tersebut menjawab kebutuhan kita atau tidak. Pilihlah program yang paling menjawab kebutuhan kita diantara banyaknya keunikan yang ditawarkan.

Yang kedua sudah pasti harga. Kita juga harus menyesuaikan budget kita sebelum kita membeli software ini. Software ERP ini memang kadang terlihat cukup mahal, tapi hal ini sebanding dengan kemampuan yang diberikan. Pikirlah bahwa software ini adalah semacam investasi dalam bisnis yang sedang kita jalankan.

Yang terakhir tentu saja kita harus memastikan perusahaan IT yang membantu kita mengimplementasikan software tersebut. Karena sebagus apapun software yang ada, jika ada kesalahan dalam proses instalasi tentu saja akan mengganggu alur bisnis kita. Perlu kita ingat bahwa ini adalah sebuah investasi jangka panjang yang juga memerlukan pemeliharaan secara berkala. Pilihlah perusahaan IT yang sudah terpercaya dalam memberikan layanan yang komplit mulai dari awal hingga akhir dan juga pemeliharaan.