Software ERP Indonesia (Pt.4)

Software ERP Indonesia (Pt.4)

Dalam beberapa artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai software ERP dan berbagai macam kegunaan serta jenis atau pengembangnya. Bisa kita temukan bahwa software ERP ini sangat bermanfaat untuk membantu bisnis berjalan lebih efektif. Software ERP ini juga tidak melulu hanya untuk bisnis dengan sekala besar maupun internasional. Bisnis dengan sekala kecil ataupun yang baru mulai (start up business) bisa juga menerapkan software ini untuk membantu mengefektifkan bisnisnya. Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi untuk software ERP ini pun terus berkembang. Dimulai pada tahun 1960 sebelum pada akhirnya softwrare ini berganti nama menjadi ERP pada tahun 1990. Kemampuannya yang terus berkembang dari hanya pengaturan inventaris hingga pada akhirnya mencangkup banyak hal penting tidak berhenti begitu saja. Pada masa sekarang software ERP ini berkembang dengan memberikan akses yang lebih mudah dibandingkan dengan on premise yaitu Cloud.  

Software ERP berbasis Cloud

Jika sebelumnya software ERP hanya tersedia on premise atau disimpan sendiri, sekarang sudah tersedia software ERP berbasis Cloud. Hal ini terjadi seiring dengan perkembangan teknologi internet dan kebutuhan pembisnis akan kemudahan akan sebuah akses. Dalam artikel Software ERP Indonesia (Pt.3) bisa kita temukan banyak sekali perusahaan penyedia software ERP berbasis Cloud ini. Mereka tentu saja tidak ingin kalah dengan para kompetitornya dalam menyediakan pelayanan software yang terdepan dalam hal ini adalah teknologi Cloud.

Apa itu Cloud

Sebelum kita masuk ke dalam software ERP berbasis Cloud, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu Cloud. Definisi dari Cloud sendiri bisa dibilang sangat simpel yaitu internet. Selain Cloud kita juga sering mendengar tentang Cloud computing. Jika Cloud adalah internet, maka Cloud computing merupakan kemampuan komputer yang bisa digunakan melalui internet. Kemampuan komputer ini sangat beragam mulai dari server, storage, database, networking, software, analytic dan masih banyak lagi. Mungkin beberapa dari kita masih merasa asing dengan Cloud computing ini, tapi mungkin tanpa kita sadari kita sedang menggunakannya. Jika kita bermain game, menyetel lagu, menonton TV, atau sedang menyimpan gambar bisa jadi kita sedang menggunakan Cloud computing ini. Memang pelayanan Cloud computing ini baru berusia satu dekade, tetapi sudah banyak yang menggunakannya mulai dari perusahaan kecil hingga besar. Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat kita lakukan melalui Cloud computing:
  • Menciptakan aplikasi baru
  • Menjadi server website
  • Mendengarkan lagu dan melihat video
  • Menyimpan dan mem-back up data
Sebenarnya masih banyak hal yang bisa kita lakukan melalui Cloud computing ini. Bahkan dari hal-hal yang disebutkan di atas saja bisa kita kembangkan lagi. Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa Cloud computing memungkinkan kita menggunakan kemampuan sebuah komputer melalui internet. Bahkan kemampuan Cloud computing ini bisa melebihi komputer yang saat ini sedang kita gunakan karena kita terbentur dengan masalah hardware.

Keuntungan dari Cloud Computing

Cloud computing memiliki beberapa keuntungan jika dibandingkan dengan komputer biasa pada umumnya. Keuntungan ini sangat terasa, terutama dari segi bisnis. Hal inilah yang menarik para pengusaha untuk beralih dari komputer biasa kepada Cloud computing.

Harga

Harga sudah pasti menjadi pertimbangan utama bagi seorang pengusaha di bidang apapun. Dengan hadirnya Cloud computing ini maka modal awal yang sangat besar untuk sebuah pelayanan IT dapat dihindari. Kita tidak perlu membeli hardware dengan harga yang mahal untuk menjadi server, belum lagi harga softwarenya. Kita juga dapat menghindari pengeluaran biaya perawatan seperti menyewa para ahli IT untuk memeriksa server yang kita miliki.

Kecepatan

Di masa sekarang yang semua serba cepat, kecepatan dan waktu menjadi komoditas yang sangat berharga. Hampir semua jenis pelayanan berbasis Cloud computing merupakan self service dan on demand dengan sumber daya yang sangat luas. Dengan begitu kita tidak perlu repot untuk mencari dan dapat dengan cepat mendapatkan yang kita butuhkan. Biasanya semua dapat selesai hanya dalam beberapa klik saja.

Skala Global

Cloud computing sesuai namanya, semua diakses melalui internet. Tentu saja di jaman sekarang ini hampir semua daerah terutama daerah bisnis sudah dijangkau oleh internet. Jadi Cloud computing bisa dilakukan dari mana saja selama terkoneksi dengan internet. Hal ini tentu saja mendukung dua keuntungan di atas, yaitu kita bisa lebih berhemat dan segalanya bisa lebih cepat pula.

Produktifitas

Tentu saja dengan meningkatnya kecepatan dan juga jangkauan secara langsung dapat meningkatkan produktifitas. Ditambah dengan modal lebih yang kita miliki karena berkurangnya pengeluaran berdampak juga pada peningkatan produktifitas bisnis kita.

Perfomance

Kemampuan dari Cloud computing juga secara berkala akan terus meningkat sesuai dengan perkembangan jaman. Kita tidak perlu memusingkan untuk meningkatkannya, karena perusahaan penyedia Cloud computing tersebut yang akan mengerjakannya. Kita hanya tinggal menikmati kemampuan terkini yang disediakan oleh penyedia jasa Cloud computing yang kita sewa.

Dapat Diandalkan

Tersedianya jasa back up data dari Cloud computing ini memberikan kita rasa aman. Jika terjadi sesuatu dengan segala data kita, semuanya sudah terback up jadi kita tidak perlu panik. Semua hal ini dilakukan oleh para penyedia jasa Cloud computing, jadi kita juga tidak perlu repot lagi untuk mengurusnya. Hal ini tentu saja berbeda dengan on premise computing yang perlu kita atur dan amankan sendiri segala sesuatunya

Jenis layanan dari Cloud

Jenis layanan yang disediakan berdasarkan Cloud computing dapat dibagi kedalam tiga kategori. Layanan-layanan itu adalah Infrastructure as a service, Platform as a service, dan yang terakhir adalah Software as a service. Masing-masing layanan dari Cloud computing ini mempunyai fungsinya sendiri-sendiri. Dengan mengetahui fungsi dari masing-masing layanan yang ada, kita bisa mengoptimalkannya untuk digunakan dalam bisnis yang kita punyai. Jenis layanan pertama yaitu Infrastructure as a service atau yang dapat disingkat menjadi IaaS. IaaS adalah jenis layanan yang memungkinkan kita menyewa infrastuktur IT seperti server, storage, network, operating system dan lain-lain. Kita hanya perlu membayar infrastruktur yang kita sewa saja sesuai dengan kebutuhan. Artinya layanan IaaS ini sangat membantu kita dalam menghemat biaya awal untuk infrastruktur IT yang biasanya sangat besar. Jenis layanan yang kedua adalah Platform as a service atau yang dapat kita singkat menjadi PaaS. Untuk PaaS sendiri merupakan sebuah layanan yang mempermudah kita dalam hal mengembangkan, mencoba, mengantarkan dan mengatur sebuah software aplikasi. Lewat PaaS ini kita tidak perlu memusingkan server, storage, database dan network yang kita perlukan dalam membuat sebuah aplikasi. Aplikasi yang dibuat bisa berupa aplikasi untuk web dan juga aplikasi mobile. Kita dapat menghemat waktu kita dan lebih berfokus langsung kepada aplikasi tersebut dengan menggunakan PaaS. Jenis layanan yang ketiga adalah Software as a service atau yang kita kenal dengan nama SaaS. Mungkin beberapa dari kita sudah tidak asing lagi dengan SaaS ini. Software ERP berbasis Cloud biasanya menggunakan jenis layanan ini. Dengan SaaS ini kita bisa langsung terhubung dan menggunakan sebuah aplikasi melalui internet. Jadi kita tidak memerlukan hardware untuk berperan sebagai server untuk bisa menggunakan sebuah aplikasi seperti contohnya software ERP. Bisa kita lihat dari semua jenis layanan yang ada, bahwa semua layanan ini sangat mempermudah kita. Kita sangat terbantu dari berbagai bidang bisnis. Yang paling menonjol adalah minimnya modal yang kita perlukan.

Tipe-tipe Cloud

Seperti halnya jenis-jenis layanan yang disediakan oleh Cloud computing, tipe-tipe dari Cloud sendiri terbagi dalam tiga bagian. Tipe-tipe Cloud tersebut adalah Public Cloud, Private Cloud dan yang terakhir adalah Hybrid Cloud. Masing-masing Cloud ini memiliki kelebihannya tersendiri. Public Cloud merupakan sebuah layanan Cloud yang dikelola dan dimiliki oleh penyedia jasa Cloud pihak ketiga. Mereka yang mempunyai segala hardware, software dan juga semua hal yang diperlukan untuk mengelola Cloud tersebut. Pelayanan yang mereka berikan juga beragam tergantung dari penyedia jasa Cloud masing-masing. Kita bisa mengakses Public Cloud ini langsung dari jaringan internet. Private Cloud, sesuai namanya merupakan sebuah Cloud computing yang dimiliki secara pribadi. Biasanya sebuah perusahaan atau organisasi ini memiliki sendiri hardware, software dan semua hal yang mendukung pengoperasiannya. Meskipun bisa saja mereka juga menyewa pihak ketiga untuk menyediakannya. Namun Private Cloud ini hanya dapat diakses melalui private network saja. Hybrid Cloud ini merupakan gabungan dari Public Cloud dengan Private Cloud. Melalui Hybrid Cloud kita mampu membagikan informasi antara Public Cloud dengan Private Cloud. Hal ini tentu saja mempermudah dan mempercepat suatu proses penyebaran informasi. Selain penyebaran informasi, Hybrid Cloud juga bisa membagikan penggunaan aplikasi. Pada dasarnya Hybrid Cloud ini adalah sebuah jembatan antara Public Cloud dengan Private Cloud untuk memaksimalkan keunggulan masing-masing. Tentu saja pada akhirnya kitalah yang akan memilih untuk menggunakan tipe Cloud yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jika kita memiliki modal lebih kita bisa menggunakan Private Cloud sebagai pilihan. Private Cloud sesuai namanya memberikan kita privasi yang lebih jika dibandingkan dengan dua tipe lainnya. Meskipun kalau dalam soal keamanan, baik Public Cloud maupun Hybrid Cloud jelas tidak kalah dengan Private Cloud. Semuanya kembali lagi kepada kebutuhan dan modal yang kita miliki.

Hubungan Cloud dengan Software ERP

Sebagian dari kita mungkin sudah bisa menebak hubungan antar Cloud dengan Software ERP. Bahkan dalam jenis layanan yang disediakan oleh Cloud sudah disinggung sedikit mengenai software ERP dalam SaaS. Keuntungan yang ditawarkan oleh software ERP berbasis cloud sendiri juga mirip dengan yang ditawarkan langsung oleh Cloud. Bisa dikatakan kalau software ERP berbasis Cloud memiliki dua keuntungan yang saling mendukung satu dengan yang lainnya. Artikel ini merupakan sebuah artikel pembuka sebelum kita masuk lebih dalam mengenai software ERP berbasis Cloud. Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai software ERP berbasis Cloud ini akan disampaikan pada artikel berikutnya. Kami berharap kita semua memiliki pengetahuan yang lebih akan Cloud ini sehingga kita mampu memaksimalkan penggunaannya. Ketika kita memaksimalkan sumber daya sekecil apapun itu, maka hal ini akan memberikan dampak besar untuk bisnis yang kita jalankan.
Related Posts