Teknologi Retail Populer Untuk Website Toko Online

Teknologi Retail Populer Untuk Website Toko Online 

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa banyak perubahan besar didalam kehidupan setiap orang. Terlepas dari melek teknologi atau tidaknya seseorang, mereka akan tetap merasakan perkembangan jaman yang dibawa oleh teknologi. Jadi mau tidak mau demi memaksimalkan teknologi yang sudah ada dan akan terus berkembang, seseorang akan terus beradaptasi. Kita akan berusaha mempelajari setiap teknologi yang ada karena pada dasarnya hal ini akan memudahkan hidup kita nantinya.

Sudah banyak teknologi yang masuk langsung kekehidupan sehari-hari kita bahkan tanpa kita sadari. Mungkin jika dulu kata teknologi lebih dekat dengan para ilmuan dan teknisi, kini itu sudah lebih dekat kepada masyarakat secara umum. Bahkan untuk urusan belanja sehari-hari saja teknologi sudah masuk dan banyak digunakan oleh masyarakat luas. Berikut ini adalah sebagian dari teknologi retail yang sedang populer di tahun 2018.

Mobile

Pada masa sekarang yang segalanya serba online dan hampir semua orang memiliki smartphone, teknologi mobile menjadi trend baru di tahun ini. Kebanyakan orang tidak lagi datang ke toko fisik, semua transaksi mereka dilakukan secara online. Mulai dari belanja kebutuhan sekunder hingga kebutuhan primer semua bisa dilakukan secara online. Hal ini juga didukung dengan banyaknya bermunculan bahkan menjamurnya online shop yang ada saat ini.

Lantas jika hanya masalah belanja online saja, mengapa yang menjadi trend ialah teknologi retail sendiri? Bukankah kita bisa mengakses toko-toko online yang ada dari mana saja semisal computer atau laptop, tidak harus dari mobile device. Hal tersebut memang betul adanya, kita bisa mengakses online shop tidak hanya dari perangkat mobile saja tetapi dari computer dan laptop kita. Tetapi perkembangan teknologi mobile sekarang sudah semakin canggih dan lebih mudah diakses banyak orang, itulah mengapa trend teknologi retail salah satunya adalah mobile technology.

Banyak orang jaman sekarang yang memiliki mobilitas yang tinggi dan tidak setiap dari mereka membawa computer ataupun laptop mereka kemanapun. Berbeda dari perangkat mobile yang sudah pasti mereka bawa kemana saja. Dari situlah teknologi online shop dikembangkan lebih lagi, untuk lebih mudah diakses dari perangkat mobile yang ada. Hal ini terbukti sangat memudahkan dan efektif dalam kehidupan sehari-hari pada masyarakat modern seperti sekarang ini.

Voice technology

Masih mendukung trend teknologi mobile untuk bidang retail, salah satu teknologi yang sedang populer pada 2018 adalah teknologi suara. Voice technology ini sebenarnya bukanlah teknologi yang sangat baru dan khusus untuk bidang retail saja. Beberapa tahun kebelakang kita sudah bisa memasukan voice command kedalam smartphone kita untuk melakukan panggilan dan lain sebagainya. Voice technology ini pada dasarnya mirip dengan hal tersebut, hanya saja sudah lebih berkembang dan dapat digunakan untuk kita berbelanja.

Dengan menggunakan teknologi didalam smartphone kita seperti Amazon Alexa, Google Home dan juga Apple’s Home Pod maka kita bisa melakukan pembelian suatu barang. Memakai teknologi seperti yang sudah disebutkan tadi akan memungkinkan kita untuk menggunakan voice technology untuk mencari dan membeli suatu barang dari online shop yang ada.

Tidak hanya itu saja, dalam urusan belanja masih ada lagi kemampuan lainnya yang dapat diberikan lewat voice technology ini. Dengan menggunakan teknologi ini kita juga dapat bertanya dan mencari toko fisik yang ada di sekitar kita sesuai dengan keperluan. Selain itu kita juga bisa bertanya banyak hal lainnya seperti perbedaan antar satu barang dengan barang lainnya dan semuanya dilakukan hanya dengan suara saja.

Artificial intelligent

Artificial intelligent atau AI sudah semakin populer dan sangat berkembang ditahun 2018. AI adalah sebuah kemampuan berpikir buatan yang dapat disematkan pada berbagai macam teknologi, contoh salah satunya smartphone. Lewat kemampuan ini kita bisa berinteraksi dengan perangkat kita seperti kita berinteraksi dengan orang lain. Memang betul kemampuan AI ini belum semulus interaksi normal antar manusia, tetapi sudah banyak perkembangan signifikan yang terjadi.

Dalam bidang retail kemampuan AI ini sudah mulai ramai digunakan terutama sebagai salah satu bagian dari customer service. Kita sebagai konsumen dapat menanyakan berbagai macam hal kepada AI ini lewat chat pada platform khusus yang disediakan. Hal ini tentu saja akan sangat menghemat waktu kita jika dibandingkan dengan kita menelepon customer service secara langsung.

Sedangkan untuk pihak penjual, teknologi ini bisa menghemat tenaga kerja dalam urusan customer service pada bidang tertentu. Disamping itu juga kita dapat mengumpulkan data perilaku konsumen yang masuk lewat AI tersebut. Data-data tersebut kemudian bisa kita gunakan untuk meningkatkan layanan kita tanpa perlu lagi melakukan survey yang merepotkan.

Personalization

Personalisasi saat ini sudah semakin populer dan berkembang pesat. Pernahkan kita mencari suatu barang atau jasa pada mesin pencari dan kemudian tidak lama setelah itu kita melihat iklan barang atau jasa tersebut? Meskipun website yang sedang kita kunjungi bukanlah website penyedia barang ataupun jasa tetapi iklan tersebut tetap muncul. Itulah salah satu kemampuan dari teknologi personalisasi.

Teknologi ini akan mempelajari pola dan tingkah kita ketika kita sedang berselancar di dunia maya. Kemudian dari sana ia akan mengambil kesimpulan dan menunjukan pada kita sesuai dari apa yang biasa kita lihat atau cari. Hal ini sebenarnya tidak hanya berlaku pada bidang retail saja tetapi juga pada bidang lainnya. Contoh yang paling sederhana dan mungkin sudah banyak orang merasakannya adalah pada bagian explore dari Instagram.

Dalam hal retail melalui teknologi ini kita bisa mendapatkan referensi barang serupa dari yang kita cari. Sebagai pelanggan hal ini tentu saja akan sangat membantu kita untuk mendapatkan perbandingan dari suatu produk baik kualitas maupun harga. Apalagi pada masa sekarang ini dimana banyak orang menjual barang serupa atau bahkan sama dengan harga yang berbeda-beda. Sedangkan untuk penjual, teknologi ini dapat meningkatkan kemungkinan barang kita terjual bahkan lebih cepat karena pelanggan akan diingatkan dan dapat melihat produk dimanapun.

Virtual Reality dan Augmented Reality

Virtual reality dan juga augmented reality merupakan sebuah teknologi yang paling populer belakangan ini. Kemampuannya yang luar biasa bisa dimanfaatkan dalam berbagai bidang mulai dari game hingga bisnis bahkan science. Teknologi ini juga sudah masuk kedalam ranah reatail untuk terus meningkatkan layanan terhadap konsumen.

Dengan menggunakan virtual reality kita bisa masuk kedalam sebuah toko tanpa kita harus ada di dalam toko fisiknya. Teknologi ini membuat kita seolah-olah berada dalam toko tersebut dan melihat berbagai macam barang yang ada. Meskipun sebenarnya kita sedang berada di dalam sebuah toko virtual, tetapi hal ini akan memberikan kesan berada dalam toko sesungguhnya.

Sedangkan teknologi augmented reality bisa membawa toko ke dalam tempat kita dengan cara yang berbeda. Kita bisa membawa barang secara virtual yang kita ingini ke tempat kita. Hal ini sedang populer terutama pemakaiannya pada bidang furniture. Dengan teknologi ini kita bisa melihat bagaimana jika nantinya barang tersebut ada dan diletakan dalam ruangan kita tanpa harus membeli dahulu sebelumnya. Teknologi augmented reality ini memudahkan kita untuk mengira-ngira dan mencocokan barang yang ingin kita beli.

GPS trolley

Jika kelima hal yang sudah disebutkan tadi merupakan hal yang lebih terhubung dengan mobile dan online shopping maka sekarang kita akan berbicara mengenai trend dalam toko fisiknya. Meskipun teknologi online shopping sudah berkembang pesat dan banyak orang memilih untuk melakukan itu, pada kenyataannya masih banyak orang yang lebih senang datang ke toko secara langsung. Hal ini bisa saja disebabkan oleh atmosphere yang diberikan oleh toko tersebut yang tidak bisa digantikan secara online. Maka dari itu teknologi untuk di dalam toko juga terus dikembangkan disamping teknologi online.

Salah satu teknologi yang dapat diaplikasikan langsung dalam toko adalah teknologi GPS trolley. Teknologi ini cukup menjadi trend pada tahun 2018 dikarenakan kemudahannya dalam membantu berbelanja secara langsung di dalam toko. Dengan teknologi ini para pelanggan bisa memasukan daftar belanjaan mereka kemudian trolley akan membantu mereka menemukan barang yang mereka cari. Bahkan tidak hanya itu saja tetapi juga kita bisa melakukan transaksi pembayaran lewat sistem ini, jadi kita tidak perlu repot lagi mengantri di kasir.

Electronic Tags

Masih membicarakan teknologi yang terdapat langsung pada toko, salah satu teknologi populer lainnya adalah electronic tags. Dengan teknologi ini pihak toko bisa dengan mudah mengupdate info barang semisal harga tanpa perlu lagi menggantinya secara manual. Hal ini juga dapat menghemat kertas yang dipakai sehingga bisa membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Selain itu juga teknologi ini bisa berguna dengan dihubungkan dengan internet. Jadi harga atau informasi yang telah diupdate di toko fisik bisa langsung terupdate pula pada toko online. Hal ini diciptakan karena banyaknya orang yang memiliki toko fisik dan juga online, dan untuk mengupdate keduanya terkadang memakan waktu. Jadi lewat electronic tags ini pihak pengelola akan sangat terbantu dan juga dapat menghindari kebingungan yang terjadi diakibatkan oleh perbedaan harga.

Itulah tadi tujuh teknologi dari beberapa teknologi retail yang sedang menjadi trend pada tahun 2018 ini. Jika kita lihat secara teliti maka kita akan menemukan bahwa trend yang ada bergerak ke arah humanless technology. Hampir setiap bidang dapat dicover oleh mesin atau aplikasi yang mendukung pengefektifan tenaga kerja.

Hal ini bukan tanpa alasan terjadi begitu saja, tetapi dikarenakan biaya sumber daya manusia yang terus meningkat. Belum lagi human error yang dapat dihindari jika kita menggunakan teknologi-teknologi ini. Ditambah kecendrungan beberapa orang yang lebih memilih untuk tidak banyak melakukan interaksi sosial bahkan untuk hal-hal sederhana sehari-hari seperti berbelanja. Tentu saja sebagian besar orang masih lebih memilih untuk datang ke toko dan berbelanja secara langsung seperti yang sudah disebutkan tadi. Maka dari itu berkembanglah baik teknologi online maupun teknologi in store untuk memenuhi dua permintaan tersebut.